agriculture_devyayu

perjuang untuk pertanian di indonesia

Pemberdayaan Petani Berbasis Kearifan Lokal

Posted by Devyayu Alystiana 20130220109 4 Comments

SPertanian adalah suatu usaha produksi yang didasari atas proses biologis/fisiologis pertumbuhan tanaman atau hewan. Sedangkan petani sendiri adalah orang yang melakukan produksi pertanian tersebut.

Kearifan lokal adalah dasar untuk pengambilan kebijakkan pada level lokal di bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam dan kegiatan masyarakat perdesaan. Pemberdayaan petani berbasis kearifan local adalah pengelolahan pertanian oleh petani dengan sumber daya alam yang ada dan melakukan kegiatan pertanian dari perdesaan atau daerah lokal.

Dan untuk memajukan petani perdesaan pemerintah harus membangun pola pikir yang maju untuk petani agar apa yang di harapkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan pertanian di daerah tersebut dapat maju dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan tidak membuang biaya dan tenaga. Petani pun dapat lebih berfikir maju walaupun hanya bertani di daerah asal, namun pertanian daerahnya dapat maju dan dapat membantu pemerintahan dalam masalah pangan yang semakin meningkat.

GAULDan yang paling utama dari pemberdayaan petani berbasis kearifan local adalah sumber pendapatannya  mampu mensejahterakan masyarakat didaerah itu. Atau lebih sederhananya, sebuah pembangunan akan menjadi sia-sia jika pemerintah tidak mengenal kebiasaan masyarakat atau potensi yang tepat untuk pembangunan didaerah tersebut.

Dan apakah yang akan terjadi setelah itu? Pembangunan tersebut akan tidak tepat sasaran, bahkan mungkin akan menyengsarakan rakyat dan tidak membawa kemajuan berarti karena ketidak pahaman pemerintah terhadap kearifan lokal maupun kearifan budaya lokal pada daerah tersebut. Seperti halnya pertambangan emas di wilayah timur Indonesia.  Mungkin mereka membawa keuntungan bagi negara, tapi bagaimanakah tingkat kesejahteraan penduduknya? Nampaknya mereka masih ada pada garis kemiskinan yang mengakibatkan kurangnya pendidikan.

Dan itu lah yang masih menjadi kelemahan pemerintah dalam memperdayakan petani dalam berbasis kearifan local, kita harus dapat merubah kelemahan itu agar rakyat Indonesia memdapatkan kesejahteraan dan memiliki hak yang sama. Kemiskinan pun dapat berkurang bukan malah bertambah tiap tahun.

DENGAN MEMBANGUN PETANI DENGAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA LUAR YANG MASUK TIDAK AKAN MEMPENGARUHI PERUBAHAN DAERAH TERSEBUT. PERJUANG LAH, UNTUK INDONESIA SEJAHTERA !!!.

sumber

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Devyayu Alystiana 20130220109


Popular Posts

Pemanfaatan Blog unt

  Zaman yang begitu modern, internet mulai bertambah luas dan yang ...

Pemberdayaan Petani

Pertanian adalah suatu usaha produksi yang didasari atas proses biologis/fisiologis ...

Peran Generasi Muda

Pembangunan pertanian adalah pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya ...

Kesan atau Komentar

Banyak orang yang mengatakan kenapa sekolah tinggi-tinggi hanya menjadi sarjana ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...