Karya Tulis Ilmiah dan Non Ilmiah

26 February 2021

Karya tulis ilmiah dibuat oleh penulis dengan tujuan untuk memberikan hasil penelitian yang dilakukan penulis dan  memiliki struktur yang baku, terdiri dari pendahuluan, metode pembahasan, dan, penutup. Serta, unsur-unsurnya dapat diidentifikasi ditandai sebuah informasi umum diikuti  rincian atau penjelasan Berbeda dengan karya tulis ilmiah, karya tulis non ilmiah memiliki struktur tidak baku, unsur-unsur di dalamnya tidak dapat diidentifikasi. Karya tulis ilmiah bersifat objektif dan faktual berdasarkan data yang ada. Sementara itu, karya tulis non ilmiah bersifat subjektif dan fiktif berdasarkan imajinasi sang penulis contohnya puisi.

Bahasa yang digunakan jelas berbeda, karya tulis ilmiah menggunakan bahasa yang baku. Sedangkan karya tulis non ilmiah menggunakan bahasa tulis dan sastrawi. Penggunaan bahasa pada karya tulis non ilmiah cendurung kiasan atau tidak menyampaikan makna yang sebenarnya berbanding terbalik dengan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah berisi opini berdasarkan analisis yang logis, fakta yang didukung oleh penelitian, dan bersifat objektif. Fakta tanpa data, opini tanpa analisis, isi mengandung emosi si penulis, dan dapat bersifat objektif maupun subjektif merupakan isi dari karya tulis non ilmiah.

Karya tulis ilmiah didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam metode tertentu. Karya tulis non ilmiah bersifat emotif, persuasif, dan deskriptif. Sebuah karya tulis ilmiah memiliki syarat yaitu memuat gagasan ilmiah melalui pikiran dan alur pikiran, alur pikir dituangkan dalam sistematikan dan notasi. Tidak hanya itu, mampu mengapresiasikan unsur-unsur di dalamnya, dan terdiri serangkaian dari narasi, eksposisi, deskripsi, dan argumentasi.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar