Mahasiswa Pertanian, Belajar Online

Enggak kerasa semester 1 ku di Agribisnis sudah mau selesai. Kalau kalian gimana? Pasti seperti aku juga ya, atau bahkan kalian udah liburan. Semoga nilai nya bagus dan memuaskan semua ya. Ohiya kuliah di semester ini kerasa beda gak sih? Iya, online. Menurut kalian lebih mudah offline atau online. Walaupun aku baru semester 1 dan belum pernah kuliah sebelumnya, tapi offline sepertinya lebih seru dan kerasa suasananya. Ditambah lagi ada beberapa matakuliah yang mengharuskan mahasiswa untuk melakukan praktek.

Aku pernah seperti itu, dimana ada matakuliah yang harus melakukan praktek setelah itu membuat laporan. Walaupun disemester satu tugasnya belum terlalu susah, tapi kerasa beda aja kalau itu semua dilakukan secara offline. Kebetulan di kampusku menerapkan system online-offline jadi Sebagian mahasiswa yang sudah ada di Yogyakarta bisa datang ke kampus dan belajar offline. Bukan hanya pada matakuliah yang ada praktenya saja, bahkan matakuliah yang lain kalau dilakukan secara online terasa 2 kali lebih sulit dimengerti, malaupun tidak setiap materi.

Terkadang aku harus menonton kembali rekaman dosenku mengajar ketika aku ingin mengerjakan tugas. Tidak jarang aku dan temanku mengeluh karena tugas yang kurang jelas, padahal kami hanya perlu menanyakan kembali tugas tersebut kepada dosen yang bersangkutan agar dijelaskan ulang. Ya, Namanya juga manusia belum ngeluh, belum kerasa perjuangannya hahaha.

Tapi ada sisi positifnya kuliah ku ditahun ini dilakukan secara online, aku masih bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluargaku sebelum nantinya aku pergi ke Yogyakarta untuk belajar. Aku juga tidak perlu memikirkan masalah keuangan, karena jika aku sudah di Yogya pasti bingung mau makan apa dan harus bisa memenejemen keuangan. Tapi rasa inginku untuk segera bisa kuliah secara offline masih besar.

Sampai sini dulu ya ceritaku. Aku harapkan covid-19 segera berlalu, dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu tetap jaga kesehatan ya, dan taati protokol kesehatan yang berlaku.

4 Comments on Mahasiswa Pertanian, Belajar Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar