Bagaimana Menulis dan Mengirimkan Artikel ke Media Massa?

  coretan, motivasi   December 16, 2010

Pada tulisan sebelumnya saya telah menyinggung mengenai ‘Bagaimana menghasilkan Uang Melalui Tulisan?’. Maka selanjutnya saya akan berbagi bagaimana cara menulis dan mengirimkan artikel kita ke media massa terutama koran atau surat kabar.

Pertama, perhatikan koran-koran tertentu yang memberikan tema-tema tertentu untuk mahasiswa. Manfaatkan hal itu, karena kita tidak perlu kesulitan untuk mencari tema tulisan kita. Tinggal mencari data  mengenai tema yang sudah ada. Untuk koran-koran yang memberikan tema-tema tertentu sebagian besar sudah saya singgung di tulisan sebelumnya.

Kedua, perhatikan redaksional koran tersebut. Biasanya dilihat dari tajuk rencana koran tersebut. Biasanya satu halaman dengan halaman opini maupun surat pembaca. Perhatikan koran tersebut paling suka menuliskan tentang apa. Misalnya republika, hal-hal terkait agama Islam, misalnya polemik haramnya rokok, kasus video porno yang diduga melibatkan artis, dan lainnya. Biasanya lebih terkait dengan Agama Islam, moralitas dan lainnya.

Ketiga, panjang tulisan sesuaikan permintaan koran yang bersangkutan, Misalnya di Harjo sekitar 2500 – 3000 karakter. Jika di Solo Pos sekitar 5000 karakter. Satu Koran atau surat kabar satu dan lainnya berbeda-beda.

Keempat, siapkan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku. Nanti akan dilampirkan ketika akan mengirimkan tulisan.

Kelima, setelah tulisan telah jadi, baca berulang-ulang untuk memeriksa kata maupun data-data yang diberikan. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan tulis.

Keenam, setelah proses editing atau memeriksa tulisan selesai, lampirkan atau attach tulisan di email. Jangan lupa lampirkan scan KTM dan juga foto (sebagai catatan, tidak semua media meminta foto, tetapi akan lebih baik jika dilampirkan). Sertakan juga bidata singkat, mulai dari Nama lengkap, Asal universitas, Jurusan, Alamat, No HP yang bisa dihubungi, nomer rekening (ada beberapa media yang meminta info ini).

Ingat!!!

  • Jangan kirimkan satu tulisan ke dua atau lebih media. Cukup kirimkan ke satu media saja.
  • Jangan putus asa ketika tulisan belum dimuat.
  • Menulislah untuk menulis. Jangan semata-mata karena uang (bisa bikin sakit hati :)).
  • Rajin membaca koran yang bersangkutan untuk mengenali atau niteni gaya penulisan koran tersebut.
  • Selamat mencoba, semoga membantu :)
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE