Pemanfaatan Blog untuk Personal Branding

blog-topics-cover

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Manfaat yang paling dirasakan dari sebuah blog adalah ketika sobat membangun sebuah blog dengan tujuan bisnis, semisal toko online, Company Profil ( Profil Perusahaan ) atau banyak juga yang menggunakan blog sebagai media promosi program-program bisnis periklanan atau program-program Publisher, PTC, PPC dan lain sebagainya. Manfaat blog akan semakin terasa ketika sobat berhasil memaksimalkan blog sebagai salah satu media penambah pasif income sobat dari dunia online/internet.
Pemanfaatan blog secara pribadi dapat di lihat sebagai berikut :
1.Blog dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi atau sarana berbagi informasi baik individu maupun kelompok.
2.blog dapat menjadi alat marketing yang unik dan ampuh, karena kita dapat melakukan pendekatan secara personal dengan calon konsumen, sehingga hubungan antara kita dengan calon konsumen dapat lebih dekat, sehingga dapat berpengaruh pada meningkatnya jumlah penjualan atas produk atau jasa yang kita tawarkan.
3.benefit selling, memberikan manfaat yang akan diterima oleh pembaca blognya.berbagai manfaat bagi pembaca blog yaitu dapat memperoleh berbagai informasi yang di butuhkan atau di inginkan pembaca.
3. memberikan solusi kepada para membernya, disebut sebagai solution selling.pemilik blog dapat memberikan solusi atau penyelesaian/saran bagi pembaca blog yang membutuhkan berbagai pemecahan masalah.
4.Blog dapat dijadikan sarana pembelajaran.
5.blog dapat memberikan informasi bagi para pembaca yang ingin membutuhkan informasi yang dimaksud dan dengan blog kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan.
Selain itu, blog dapat juga dimonetisasi, yaitu untuk menghasilkan uang dari blog, salah satunya dari iklan. Yup.. jadi kita bisa mendapatkan 2 manfaat penting dari blog, sebagaipersonal branding dan sebagai penghasil uang.

Skip to toolbar