Teknologi Pertanian Modern

Hanya Blog Biasa Yang Ingin Menjadi Luar Biasa

Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki sumber daya melimpah di segala penjuru tanahnya. Namun dengan melimpahnya sumber daya tersebut, Indonesia masih belum mengelolanya secara optimal. Dari kondisi tersebut  muncullah permasalahan daya saing produk lokal dengan produk luar, termasuk daya saing produk pertanian. Optimalisasi dalam sumber daya sangat penting agar produk lokal dapat bersaing dengan produk negara lain.

Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah pun masih bermasalah dengan pemenuhan pangan seiring dengan pertambahan jumlah penduduknya. Walaupun ketersediaan pangan nasional telah mencukupi kebutuhan pangan, bukan berarti kecukupan pangan pada tingkat rumah tangga terpenuhi. Karena pangan juga merupakan kebutuhan yang mendasar dari suatu bangsa.

Upaya Indonesia untuk mencapai kemandirian pangan dapat dilihat dari keberagaman pangan lokal dan ketersediaan sumber daya alam. Mengeksplorasi sumber daya juga diperlukan untuk membangun kemandirian pangan. Menggunakan pangan lokal pada daerah masing-masing diperlukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap salah satu jenis pangan. Jika cara itu dilakukan di seluruh bagian di Indonesia, mungkin saja ketahanan pangan nasional akan terwujud untuk menuju kemandirian pangan.

Ketersediaan pada sumber daya alam juga perlu pengoptimalan dalam pemanfaatannya. Dengan melalui penanganan pasca panen dan teknologi pengolahan yang efektif dan efisien diharapkan mampu meningkatkan hasil komoditas pertanian. Teknologi dalam pangan ini juga harus dilakukan riset supaya mendapatkan teknologi pengolahan yang tepat.  Selain iru, penganekaragaman dalam jenis olahan perlu dilakukan untuk menarik minat terhadap produk pangan lokal.

Dari semua cara-cara tersebut diharapkan dapat mewujudkan tercapainya kemandirian dan ketahanan pangan nasional. Tidak hanya pemerintah yang harus mewujudkannya, tetapi seluruh masyarakat harus membantu untuk mewujudkannya. Karena dengan terbangunnya kemandirian pangan, kebutuhan pangan nasional akan tercukupi ketersediaannya.

Categories: Pertanian Modern

PROFIL AKU

Dimas Wahyu Prasetyo


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Teknologi Modern Dal

Pada masa modern kini, teknologi mulai memasuki beberapa aspek kehidupan, ...

Pemanfaatan Internet

Personal branding atau yang biasa dikenal dengan citra diri merupakan sebuah ...

Peran Pemuda dalam P

Sektor pertanian merupakan sektor terpenting untuk menunjang kebutuhan pangan manusia. ...

Membangun Kemandiria

Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki sumber daya melimpah di ...