Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Apa itu kolesterol ? Dan bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami?

Kolesterol sebenarnya adalah salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain itu, sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk lapisan luar dari sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon steroid. Tapi jika ada kelebihan kolesterol dalam tubuh, maka akan ditimbun dalam dinding pembuluh darah dan menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis atau pengerasan serta penyempitan pembuluh darah. Kondisi inilah yang merupakan awal dari penyakit jantung dan stroke. Tubuh memproduksi kolesterol dalam jumlah yang tepat. Tetapi dapat meningkat karena makanan eksternal berasal dari lemak hewani, telur dan tentu saja, termasuk apa yang kita sebut “makanan sampah/Junk Food”. Jadi masalahnya adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan aman ?

Bagi orang yang memiliki tingkat kolesterol LDL tinggi, hal pertama yang direkomendasikan adalah menurunkan kolesterol dengan konsumsi makanan rendah lemak dalam pengurangan kolesterol dan diet. Tapi ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kadar LDL kolesterol, antara lain:

  1. Latihan / Olahraga

Gaya hidup konstan bagi kebanyakan orang saat ini menyebabkan mereka memiliki kerentanan terhadap penyakit ini jauh lebih besar. Menyisihkan waktu 30 menit untuk olahraga tiga atau empat kali seminggu dapat mengurangi risiko bagi banyak penyakit yang mengancam kesehatan Anda. Jadi mengapa tidak berolahraga untuk menurunkan kadar kolesterol LDL Anda?

  1. Makan makanan rendah lemak 

Satu hal yang menarik tentang kolesterol adalah makan makanan kolesterol tinggi tidak selalu buruk. Tentunya dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.

  1. Makan lebih banyak serat larut 

Sangat penting untuk mendapatkan kedua jenis serat, baik larut dan tidak larut, tetapi dalam kasus kolesterol, serat dari buah dan sayur adalah yang paling penting. Serat larut menghilangkan kolesterol dari tubuh karena dapat mengikatnya . Buah-buahan dan sayuran secara alami memiliki banyak manfaat dan berkhasiat bagi tubuh manusia serta bebas kolesterol. Guna mendapatkan manfaat dari buah dan sayuran, kita juga harus mempertimbangkan cara-cara pengolahan dan penyajiannya sehingga zat penting yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Dalam memasak sayuran harus diperhatikan panas yang digunakan. Demikian pula untuk buah, akan lebih baik untuk tidak membuang kulit luar terlalu banyak karena bagian dekat permukaan kulit mengandung vitamin penting dan mineral.

  1. Mengurangi stres dalam hidup Anda 

Untuk orang yang makan makanan rendah kolesterol tetapi memiliki tingkat stress yang tinggi mungkin tidak terlihat penurunan kadar LDL secara signifikan.

  1. Berhenti Merokok 

Sangat dianjurkan bagi Anda untuk berhenti merokok. Merokok akan meningkatkan plak di arteri serta memperburuk yang mempengaruhi tingginya tingkat kolesterol LDL. Mengurangi tingkat kolesterol LDL penting dalam pencegahan penyakit jantung koroner dan penyakit jantung pada umumnya. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda guna membantu memastikan bahwa Anda telah mengambil langkah yang tepat untuk menurunkan kolesterol. Pilihan yang tepat tentang cara menurunkan kolesterol akan menentukan hasilnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar