Tips Saat Traveling ke Luar Negeri agar tetap sehat !

Traveling ke luar negeri tentunya menjadi saat-saat yang kita nantikan, perlu persiapan yang jauh-jauh hari buat persiapan yang kita lakukan serta dibutuhkan kondisi yang sehat dan terhindar dari penyakit saat anda liburan. Sangat tidak menyenangkan jika saat kita sudah berniat menghabiskan waktu diluar negeri, kondisi badan kita malah tidak sehat. Rencana untuk menyambangi sejumlah objek wisata dipastikan kandas, karena tubuh terpaksa beristirahat di kamar hotel. Tentunya anda tidak mau kan hal ini menganggu liburan anda, berikut adalah tips untuk tetap bugar sebelum menjalani penerbangan jarak jauh ke luar negeri :

  1. Berkonsultasi dengan Dokter Sebelum hari keberangkatan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter langganan yang sudah memahami riwayat kesehatan tubuh Anda. Ikuti anjuran yang diberikan dokter tersebut untuk menjamin liburan tersebut bisa dijalani dengan tetap bugar.
  2. Suntik Vaksin Ceritakan kepada dokter tersebut, negara mana yang akan dikunjungi. Ada beberapa negara yang sejumlah daerahnya menjadi endemik penyakit tertentu. Sehingga perlu suntik vaksin untuk memastikan tubuh tidak mudah terjangkit penyakit tersebut.
  3. Jangan Jajan Sembarangan Hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang diragukan kesterilannya. Supaya aman, sebaiknya minum produk air dalam kemasan, dan memakan buah-buahan yang dikupas sendiri. Kalaupun tergiur untuk jajan makanan di pinggir jalan, pilih yang masih panas dan langsung keluar dari alat masak.
  4. Hindari Gigitan Binatang Gunakan losion anti nyamuk agar terhindar dari penyakit dengue atau malaria. Hindari hewan-hewan seperti anjing, monyet, dan kelelawar yang gigitannya menjadi media penularan penyakit rabies.
  5. Beli Asuransi Perjalanan Wisata Asuransi perjalanan wisata memang tidak bisa mencegah sakit. Namun, bisa menjadi alat yang ampuh untuk menanggung semua biaya pengobatan yang dibutuhkan di negara tersebut.
  6. Perhatikan istirahat Istirahat salah satu poin yang kerap disepelekan oleh sebagian orang. Meski alokasi waktu kita untuk berlibur, porsi istirahat harus tetap di jaga, seperti tidur 4-6 jam sehari. Menurutnya, relaksasi beberapa menit setelah aktivitas berat juga sangat penting, dan termasuk istirahat.
  7. Persiapan nutrisi sebelum beraktivitas Persiapan fisik dan mental sebelum melakukan olahraga atau aktifitas ekstrim juga sangat penting. Salah satunya dengan asupan nutrisi. “Vitamin, makanan berenegi, juga minuman berenergi (bisa jadi asupan),” tutur Sigit. Obat-obatan pribadi juga harus dipersiapkan, jangan tunggu sakit datang, siapkan sebelum beraktivitas ekstrem.
  8. Tetap berkeringat Menjaga stamina salah satunya dengan tetap berkeringat atau berolahraga. Jika sewaktu-waktu akan berolahraga berat atau beraktivitas wisata yang memerlukan tenaga besar, Anda masih mampu melakukannya, termasuk extreme sport. Berolahraga untuk menjaga stamina ini tidak perlu berolahraga berat, bahkan bisa dilakukan hanya di dalam rumah. Seperti squatjump, situp, pushup, dan lainnya.

Pastikan kondisi kesehatan anda sebelum berencana liburan dan persiapkan diri anda untuk tetap prima saat anda liburan keluar negeri. Gimana? Sudah siap untuk Traveling ke Luar negeri ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar