sang kalifah kehidupan

Hanya Blog UMY situs lain

Saat ini indonesia dilanda krisis ekonomi pangan, pasokan makanan pokok(beras) yang terus mangalami penaikan penaikan dalam proses impor dari negara lain. Hal ini akan berdampak buruk jika dalam tahun ketahun berikutnya masih mengalami kejadian yang serupa, salah satunya ialah ketergantungan.

Berbagai aspek-aspek pendidikan saat ini semakin meningkat. Baik didalam kota, maupun diberbagai pelosok desa. dan tentunya ini menjadi salah satu kiat utama untuk memajukan berbagai bidang diIndonesia yang salah satunya adalah Pertanian. lahirnya generasi muda yang berwawasan tinggi dan didukung dengan sarana teknologi yang modern tentunya akan memicu inspirasi-inspirasi terciptanya suatu penanganan yang kritis dan logis terhadap bidang pertanian yang saat ini menjadi salah satu faktor utama masalah dinegara indonesia.

Guna menciptakan keseimbangan yang stabil, tentunya pemerintah perlu melakukan kiat-kiat yang mendukung lahirnya generasi muda yang berkompeten. Salah satunya adalah mencanangkan progam beasiswa terhadap pelajar yang kurang mampu, karena pada saat ini masih banyak para-para pemuda yang putus sekolah dikarenakan permasalahan ekonomi orangtuanya. Hal itulah yang menyebabkan minimnya semangat nasinalisme pembangunan pertanian, karena kebanyakan yang mendapatkan pendidikan-pendidikan tinggi hanya dapat dinikmati pada kalangan ekonomi kaum menengah keatas(elite). Dan kebanyakan mereka beranggapan bahwa pertanian hanya dilakukan oleh orang-orang biasa atau dikalangan petani yang berprofesi biasa( kurang bergengsi). Dilain segi mereka mengabaikan pertanyaan, dampak apa sajakah yang timbul dari minimnya kebutuhan pangan?

Pertanian merupakan suatu usaha yang sangat terpuji dan allah sangat meridhoinya. Allah swt berfirman dalam sebuah Alqur’an surat ALAN’AAM ayat;99 yang berbunyi:

 

Yang artinya; “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”

Dari arti ayat allah swt diatas menpunyai atrti yang penting bahwa dahulu hingga kini allah telah menurunkan berbagai sarana-sarana pendukung terciptanya suatu pertanian dan memerintah manusia agar dapat mengelola dengan sebaik-baiknya sebagai tanda-tanda kekuasaanya.

Pada hakikatnya dalam hidup manusia yang paling tepat dalm pengolahan hasil pertanian adalah generasi muda, karena diusia ini manusia menempati posisi tertinggi segi pemikiran dalam hidupnya.

Dari kesimpulan diatas maka dapat dianalisis bahwa peran generasi pemuda adalah hal terpenting, karena merupakan suatu penerus laju alurnya suatu keadaan bangsa dalam proses kemajuan dan menciptakan strategi penanganan disalah satu bidang utama yaitu Pertanian. Karena pertanian adalah usaha menciptakan bahan utama pendukung bertahan hidupnya masyarakat. Tanpa pertanian maka sebuah bangsa tidak akan berkembang atau yang lebih fatalnya adalah kehancuran.

UMY Link

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

thoha purnama


Popular Posts

“[Lomba Blog] wad

Assalamu'alaikum wr.wb Lingkungan hidupku penuh dengan roda-roda kehidupan yang hitam dan ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manfaat Pendidikan T

Saat ini indonesia dilanda krisis ekonomi pangan, pasokan makanan ...

Masa Depan Cerah Ber

Assalamualaikum wr.wb Sebuah wadah yang bukan hanya menyalurkan wawasan dibidang sains, ...

Blog dan Pengguna

    Dewasa ini berbagai media teknologi dan informasi sudah merambah diberbagai ...