sang kalifah kehidupan

Hanya Blog UMY situs lain

Lingkungan dan pertanian

Posted by thoha purnama 0 Comment


Dewasa ini keadaan lingkungan diIndonesia semakin memburuk. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebutuhan lingkungan. Dilain hal, masyarakat memanfaatkan lingkungan hanya untuk kepentingan materi , misalkan mengeksploitasi hutan secara berlebihan. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan lingkungan misalkan, banjir, longsor, gempa bumi, erosi dan lain sebagainya.

Tentu hal itu akan sangat berbahaya apabila terjadi dalam proses berkelanjutan yang akan mengancam kelangsungan hidup manusia. Bagaimanakah cara menanggulangi peristiwa tersebut? Apa sajakah peran pemerintah dalam prosespenanggulangan tersebut?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghambat terjadinya peristiwa bencana yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, salah satunya adalah pertanian.

Pertanian adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan menjaga kesetabilan alam yang dilakukan melalui wadah bercocok tanam. Pertanian merupakan kajian utama penghambat terjadinya kerusakan lingkungan karena berdasarkan salah satu tujuan yaitu menghijaukan dengan cara menanam tumbuhan dipermukaan tanah. Kita tahu bahwa bumi merupakan salah satu target terjadinya kerusakan. Dengan adanya tanaman maka daya serap air dalam tanah menjadi teratur, dengan adanya tanaman lajunya aktifitas angin menjadi stabil, dengan adanya tanaman sinar matahari yang masuk kepermukaan tanah menjadi seimbang dengan kebutuhan terhadap sinar.

Hal ini lah yang menjadi sangat pentingnya pertanian didalam kehidupan disamping untuk kebutuhan manusia, juga mempunyai arti penting dalam kebutuhan alam sekitar.

Ada beberapa hal;

1) Media pembantu udara menghasilkan oksigen

Kita tahu bahwa tanaman pertanian yang besar atau keras misalkan karet atau kelapa sawit selain dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup dilain hal juga merupakan media penciptaan oksigen karena tumbuhan hanya menhirup karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

 

 

2) Media penetralisir polusi

 

Saat ini sebagaian Negara besar didunia menggunakan barang-barang elektronik yang menyebabkan adanya polusi yang dikeluarkan dari gas buangan misalkan sepeda motor, mobil, dan lain-lain. Hal ini tentunya akan berbahaya apabila dihirup oleh manusia dalam jangka berkelanjutan. Itulah peran tanaman yang berperan dalam membantu menetralkan polusi.

Dapat disimpulkan bahwa ingkungan sangat berperan penting dalam kelangsungan kehidupan dan pertanianlah menjadi salah satu sarana untuk mewujudkannya.

 

UMY Link

 

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

thoha purnama


Popular Posts

“[Lomba Blog] wad

Assalamu'alaikum wr.wb Lingkungan hidupku penuh dengan roda-roda kehidupan yang hitam dan ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manfaat Pendidikan T

Saat ini indonesia dilanda krisis ekonomi pangan, pasokan makanan ...

Masa Depan Cerah Ber

Assalamualaikum wr.wb Sebuah wadah yang bukan hanya menyalurkan wawasan dibidang sains, ...

Blog dan Pengguna

    Dewasa ini berbagai media teknologi dan informasi sudah merambah diberbagai ...