PERAN GENERASI MUDA DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN BERKELANJUTAN

Peran generasi muda dalam pengembangan pertanian sangatlah penting karena pertanian identik dengan kotor dan pekerjaan orang-orang tua yang tidak memiliki pekerjaan lain. Sedangkan kaum muda lebih suka kegiatan/prodi yang relatif bersih dan menurutnya prospek untuk masa depannya. Dan masih banyak petani indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan padahal mereka adalah pahlawan pangan karena petani merupakan penjamin ketersediaan pangan di indonesia. Sebab itu pertanian tidak bisa di pandang remeh. Untuk itu sektor pertanian memiliki prospek kerja yang bagus dan tidak akan mati.

Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus mempunyai komitmen untuk terjun membangun sektor pertanian yang saat ini masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Perubahan pertanian tradisional ke pertanian modern perlu di lakukan dengan upaya meningkatkan hasil dan efisiensi lahan pertanian yang semakin sedikit. Sebagai generasi muda harus bisa meningkatkan sumberdaya manusia dengan berperan aktif di sektor pertanian juga merubah pola pikir masyarakat tentang pertanian yang identik pekejaan orang tua dan kemiskinan.

Generasi muda juga harus dapat mengembangkan sistem pertanian tradisional ke pertanian modern, mengembangkan dalam aspek teknologi dan informasi. Menciptakan ide baru untuk pertanian terjun langsung ke masyarakat dan mengarahkan petani dengan ide/trobosan tersebut agar petani terbantu. Mengadakan program positif untuk pertanian berkelanjutan seta melakukan pengawasan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar