islam

Hanya Blog UMY situs lain

PENGORGANISASIAN

 

  1. A.     PENGERTIAN PENGORGANISASIAN DAN ORGANISASI

Istilah pengorganisasian menurut Handoko (2003)

v  Cara manajemen merancang struktur formal untuk penggunaan yang paling efektif terhadap sumber daya keuangan, fisik, bahan baku, dan tenaga kerja organisasi.

v  Bagaimana organisasi mengelompokkan kegiatannya, di mana setiap pengelompokan diikuti penugasan seorang manajer yang diberi wewenang mengawasi anggota kelompok.

v  Hubungan  antara fungsi, jabatan, tugas karyawan.

v  Cara manajer membagi tugas yang harus dilaksanakan dalam departemen dan mendelegasikan wewenang untuk mengerjakan tugas tersebut.

Mooney dalam bukunya The Principles of Organisation (1947) mendefinisikan organisasi sebagai kelompok dua orang atau lebih yang bergabung untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, banyak ahli manajemen yang mendefinisikan berbeda. diantaranya : Weber (1968) dalam Stroner dan Freeman (1995) : struktur birokrasi, Wendrich, et al. (1988) : proses mendesain kegiatan-kegiatan dalam struktur organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan  dan akhirnya menurut Barnard (Aonim, 2000) : suatu sistem aktivitas yang dikoordinasikan secara sadar oleh dua oaring atau lebih.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

dwifajar


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

turunnya Al-Quran da

TURUNNYA ALQURAN DENGAN TUJUH HURUF          Orang arab mempunya lahjah ( ...

HUKUM MEMAKAI PARFUM

HUKUM MEMAKAI PARFUM BAGI WANITA A.    Pendahuluan Saat ini sudah tidak asing ...

metode penelitian ek

metode penelitian eksperimen Penelitian Eksperimen     Definisi    Eksperimen adalah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan ...

Undang-Undang No.36

Undang-Undang No.36 Tahun 1999 Maksud Dibuatnya undang-undang ini bermksud untuk mendukung kesatuan ...