- Attend
Di sini guru harus menjadi pusat perhatian (focus of interest).
- Study
Mengkaji materi-materi.
- Take note, teach
Di ajarkan atau mengajarkan sesuatu apa yang telah diperoleh.
- Apply
Diterapkan atau dipraktekkan.
- Review
Melihat kembali apa yang telah dipelajari.
Block to listening
- Comparing
Pendengar memperbandingkan siapa lebih pintar, lebih competen, lebih sehat secara emosional.
- Mind Reading
Pendengar kurang memperhatikan apa yang dibicarakan karena kurang percaya.
- Rehearsing
Pendengar sibuk sendiri ketika orang lain berbicara.
- Filtering
Pendengar hanya mendengarkan bagian-bagian tertentu dari yang di ucapkan pembicara.
- Judging
Pendengar melakukan negative labeling terhadap pembicara.
- Dreaming
Pendengar mendengar dengan setengah hati apa yang diucapkan pembicara karena apa yang di ucapkan pembicara mengingatkan pendengar pada hal lain yang pernah dialaminya.
- Identifying
Pendengar merespon lawan bicara dengan mengaitkan pada pengalaman pendengar tanpa member kesempatan lawan bicaramenyelesaikan bicaranya.
- Advising
Pendengar merasa problem solver yang hebat.
- Sparring
Pendengar cepat merasa tidak setuju sehingga memicu prdebatan.
- Being Right
Pendengar merasa selalu benar sehingga tidak menerima kritik dan saran.
- Derailing
Pendengar secara tiba-tiba merubah arah pembicaraan.
- Placating
Pendengar ingin dianggap baik dan menyenangkan.
Sumber : materi perkuliahan yang disampaikan bapak Muh. Samsudin, S.Ag.,M.Pd.