Langkah Kecil Yang Memiliki Banyak Arti

Langkah Kecil Yang Sangat Berarti

Cerita Motivasi – Coba kita bayangkan bersama keadaan di mana kita tidak mengerti apa – apa mengenai dunia keuangan. Suatu waktu, Anda diajak untuk menanamkan sejumlah modal ke dalam sebuah peluang bisnis terbaru. Untuk memulai usaha tersebut, Anda diminta untuk berinvestasi sebesar Rp 25 juta. Apakah Anda bersedia? Sebelum Anda menjawab, Anda harus ingat bahwa kondisinya adalah : ANDA BELUM PERNAH INVESTASI. Apalagi bagi kebanyakan orang, uang Rp 25 juta adalah jumlah yang cukup besar.

 

Walaupun peluang bisnis tersebut cukup besar, Anda pasti akan berpikir berulang kali sebelum mengambil keputusan. Nah, dalam kondisi yang sama, bagaimana jika bisnis tersebut meminta Anda untuk menanamkan modal sebesar Rp 25 ribu saja? Meskipun belum pernah berinvestasi, pastinya Anda tidak perlu berpikir rumit untuk mengeluarkan uang Rp 25 ribu bukan? Toh, uang tersebut nilainya sama dengan sebungkus rokok Anda.

 

Dalam dunia ekonomi, kita mengenal istilah yang bernama : “TOO BIG TO FAIL”. Istilah ini merujuk kepada perusahaan – perusahaan yang SANGAT besar dan berperan penting bagi ekonomi suatu negara atau kawasan. Jika perusahaan seperti itu menghadapai suatu masalah, semua pihak akan mengusahakannya agar tidak sampai bangkrut. Bahkan pemerintah pun akan turun tangan karena keberadaan mereka akan mempengaruhi perekonomian suatu negara.

 

Hari ini akan berbeda, izinkan saya memperkenalkan istilah baru yang bernama : “TOO SMALL TO FAIL”. Walaupun ada juga hal – hal kecil yang tidak memiliki pengaruh apa – apa, bahkan ketika kita gagal.Misalnya saja pada investasi Rp 25 ribu tadi. Jika bisnis tersebut gagal dan uang kita hilang, tentunya kita akan rela – rela saja. Tapi jika berhasil dan berkembang menjadi 2 kali lipat secara terus menerus, tentu saja hasilnya akan lumayan juga.

 

Berbicara mengenai perubahan, terkadang kita taku melangkah karena kita langsung ingin melakukan hal – hal yang sangat besar. Karena hal yang kita ingingkan terlalu besar, maka kita semakin takut pada yang namanya kegagalan. Makin tinggi, makin sakit jatuhnya bukan? Itulah yang sering terjadi.

 

Pertanyaannya : Kenapa kita tidak mulai dari perubahan yang kecil? Perubahan kecil tentu dampaknya akan kecil bukan? Contoh,

 

Jangan bayangkan berhemat berarti memangkas semua anggaran. Kita dapat berhemat dalam management keuangan mulai dari hal – hal yang kecil.

 

Jangan membayangkan bahwa untuk menjadi pengusaha, Anda harus resign dari pekerjaan dan membuka toko. Mulai saja dari bisnis sampingan.

 

Bagi Anda yang sedang diet, jangan berpikir bahwa diet itu artinya tidak makan, tapi mulailah dari mengurangi porsi makanan tertentu, terutama yang manis – manis.

 

Berbicara mengenai buah mangga. Buah mangga tumbuh dari biji yang sangat kecil. Tapi meski biji tersebut sangatlah kecil, biji tersebut dapat tumbuh menjadi pohon yang besar. Jadi lakukanlah perubahan ala biji mangga. Kita harus memulai dari hal – hal kecil tetapi konsisten dan dilakukan terus menerus. Apakah kamu siap?

 

Kata Kata Bijak Singkat : Perubahan kecil yang dilakukan secara terus menerus akan memberikan dampak yang besar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar