Bagaimana Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik?

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah strategi pemasaran yang berjenjang atau berantai. Yang mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapat kompensansi atas penjualan, tetapi juga mendapatkan hasil dari merekrut orang lain. Terdapat istilah “up line” dan “downine” yaitu orang-orang yang melakukan penjualan produk setelah sebelumnya berdasar urutan rekrutan. Sistem penjualan seperti ini dinamakan sistem penjualan piramida atau pemasaran jaringan.

Up-line tersebut harus mencari down-line sebanyak mungkn supaya mendapat bonus atau penghasilan yang berlipat-lipat. Sekarang ini sudah banyak sekali bisnis MLM di Indonesia yang bermunculan. Dari sinilah harus berhati-hati dalam mengikuti bisnis ini sebab saat ini telah bermunculan bisnis MLM yang tidak kompeten dan sering melakukan penipuan. Lalu bagimana memilih MLM yang baik dan terhindar dari kerugian? Berikut ulasannya.

Baca juga : Tahap Pendanaan Perusahaan Start Up Untuk Menjadi Unicorn

Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik

Berikut ini adalah ulasan cara memilih bisnis MLM yang baik dan terhindar dari penipuan:

Pilih Perusahan MLM yang terdaftar di APLI

Asosiasi Penjual Langsung Indonesia biasa disingkat APLI merupakan asosiasi yang memawadahi bisnis MLM di Indonesia. Untuk bergabung dengan APLI perusahaan MLM harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mendapat sertifikasi terlebih dahulu. Dari APLI ini anda dapat mengenali perusahaan MLM yang baik atau tidaknya.

Memiliki badan hukum yang jelas

Perusahan MLM yang baik juga dapat diihat dari badan hukum yang dimilikinya. Perusahaan MLM sangat disarankan untuk membuat badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) yang memiliki SIUPL dan NPWP. Karena dengan itu semua bisnis MLM tersebut dapat dipertanggungjawabkan kepada para membernya serta konsumen yang menggunakan produk.

Pilih perusahaan MLM yang memiliki produk beragam

Ketika sebuah bisnis MLM memiliki banyak produk untuk ditawarkan kepada orang lain, maka kesempatan besar pula bagi anda untuk menjaring downline. Dengan adanya produk yang banyak juga membuat anda bisa memilih barang sesuai budget. Dan yang paling penting perusahaan MLM harus memiliki jaminan atas kualitas barang dan jasa yang dijual. Hal tersebut sangat penting sebab apabila suatu waktu barang tidak sesuai dengan kualitas sebenarnya.

Cari Perusahaan MLM yang distributornya memiliki sistem untuk sukses

Apabila sebuah perusahaan punya sistem keberhasilan yang baik supaya sukses, maka anda pun akan cepat sukses. Namun pastikan terlebih dahuu sistem dalam perusahaan tersebut sudah teruji dan terbukti mampu mencetak banyak orang hingga berhasil.

Upline mau membantu downline supaya berkembang

Semua orang pasti ingin mendapatkan uang atas jerih payah mereka. Salah satu wujud sukses perusahaan MLM yaitu adanya kondisi dimana upline mampu membantu downline supaya terus berkembang. Jadi apabila upline MLM tidak aktif dan hanya mengandalkan downline dalam menjual produk dan mengembangkan jaringan, maka sebaiknya anda tidak memilih perusahaan bisnis MLM di Indonesia tersebut. mengapa? Sebab selain menyusahkan anda selaku pendaftar baru (downline), bisnis yang demikian juga dianggap tidak sehat.

Lihat apakah perusahaan MLM tersebut diterima di pasar nasional

Ciri-ciri perusahaan MLM yang baik dan bonafit dapat dilihat dari skala pada perusahaan itu sendiri. Apabila perusahaan tersebut belum berskala besar dan belum diterima secara nasional sistem bisnisnya, maka alangkah lebih baiknya anda berhati-hati.

Itu dia beberapa tips dan cara memilih bisnis MLM yang baik. agar tidak tertipu ketika mengikuti sebuah bisnis, anda harus benar-benar mengikuti tips diatas. Semoga beruntung….

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar