Trend Teknologi Tercanggih di Indonesia 2020

trend teknologi informasi
trend teknologi informasi

Perkembangan teknologi saat ini sudah tidak dapat diukur secara biasa lagi, karena terjadinya revolusi – revolusi yang bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Kemajuan teknologi ini mempengaruhi banyak aspek di kehidupan manusia. Untuk kamu yang berjiwa kompetitif dan ingin berada di barisan terdepan peradaban manusia, tentunya kita perlu memahami dan mengerti tren teknologi tercanggih yang sedang terjadi di dunia saat ini.

 

Yuk kita simak 5 tren teknologi di tahun ini.

Tren Teknologi

Artifical Intelligence (AI)

Berita mengenai AI memang sudah marak di dunia IT selama beberapa tahun terakhir. Artificial Intelligence atau AI memungkinkan sistem komputer untuk belajar secara mandiri, layaknya manusia, sehingga dapat melakukan tugas – tugas yang lebih dahsyat seperti decision making serta images recognition.

 

Machine Learning

Machine learning merupakan AI yang telah di program secara spesifik. Dengan menggunakan teknologi machine learning, sebuah komputer dapat deprogram untuk melakukan tugas yang belum deprogram sebelumnya. Machine learning diharapkan dapat belajar secara mandiri dan dapat menemukan sebuah pola dan wawasan dari ribuan data yang tersedia. Saat ini, machine learning telah mulai digunakan pada hasil pencarian dari search engine dan big data.

 

Blockchain

Walaupun banyak orang yang berpikiran bahwa blockchain selalu berhubungan dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, atau Ripple. Sebenarnya penerapan blockchain tidaklah terbatas hanya sampai di sini. Blockchain juga menawarkan keamanan penyimpanan data karena tingkat security yang tinggi. Saat ini blockchain sudah banyak digunakan untuk menggantikan database penyimpanan data medis dan penyimpanan data kepemilikan tanah.

 

Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi komputer yang dapat membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan suatu dunia yang disimulaikan oleh komputer, sedangkan Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang memproyeksikan benda maya ke dalam dunia nyata dengan menggunakan sebuah kacamata transparan.

 

Walaupun mempunyai potensi yang tidak terbatas, sejauh ini teknolog VR dan AR baru digunakan dalam dunia gaming. Sebagai contoh adalah permainan Pokemon Go yang sempat viral pada tahun 2016 silam. Beberapa perusahaan ternama di dunia, seperti Facebook dan Google, telah melihat potensi dari teknologi ini.

 

Internet of Things (IoT)

Saat ini rasanya kita tidak dapat terlepas dari konektivitas WiFi. Hampir seluruh perangkat yang ada di rumah kita sudah dapat terkoneksi, seperti lampu, mesin cuci, handphone, TV, atau laptop. Potensi ini dilihat dapat diatur menggunakan sistem kendali utama. Salah satu bentuk adopsi IoT dalam kehidupan sehari – hari adalah sistem otomatisasi rumah (home automation), smart living, smart lock, ataupun smart lamp. Pemerintah Indonesia ingin mendorong adopsi teknologi ini lebih luas, terutama di segmen B2B (business-to-business).

 

Inilah trend teknologi canggih yang mulai trending di Indonesia saat ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar