Pertanian Jaya !

Just another Blog UMY site

Peran Generasi Muda Dalam Pengembangan Pertanian

Posted by Endah Panca Komentar Dinonaktifkan pada Peran Generasi Muda Dalam Pengembangan Pertanian

free-vector-cartoon-farm-03-vector-elements_094187_3

PETANI SEJAHTERA !

BANGSA BERKAYRA !

Apa kabar petani muda ?

Kamilah generasi muda pelurus bangsa !

Siapa yang tidak tahu bahwa Negara Indonesia adalah Negara agraris, dari yang muda hingga yang tua sekalipun mereka tahu itu. Tetapi pada kenyataannya para petani kita masih saja kesusahan dalam menjalani kehidupannya. Negara kita masih mengimpor kebutuhan pangan dari Negara luar bahkan garam pun kita masih mengimpor dari Negara Thailand.

Pada jaman yang serba canggih saat ini kebanyakan pemuda Indonesia mengambil jurusan selain di bidang pertanian seperti teknik dan kesehatan. Mengapa ? Karena mungkin mereka malu akan jurusan pertanian tersebut. Banyak orang memandang rendah jurusan pertanian karena mereka fikir mahasiswa/i yang mengambil jurusan pertanian hanya akan bekerja dalam ruang lingkup sawah saja dan sebagai pekerja keras. Padahal kita ketahui bahwa Negara Indonesia terkenal dengan Negara Agraris yang memiliki tanah yang subur. Bayangkan saja jika jurusan pertanian tidak lagi banyak diminati oleh generasi pemuda lalu akan aseperti apakah negara agraris ini ? Selalu impor ? Tidak malukah Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris tetapi masih saja impor ?  Tanpa adanya generasi muda pertanian akan kah masih bisa hidup rakyatnya ? Silahkan tendang kami anak pertanian jika manusia sudah makan batu dan minum solar. Oleh karena itu, Peran pemuda dalam pengembangan pertanian sangat berpengaruh sekali dalam upaya peningkatan taraf masyarakat menengah kebawah bahkan negara sekalipun. Peran pemuda juga sangat berpengaruh dalam kemajuan bangsa ini.

Ada beberapa peran yang harus diambil oleh pemuda antara lain :

1. Mengambil peran besar dalam proses pembuatan kebijakan sektor pertanian

Pada fase inilah, para pemuda dapat mengeluarkan gagasan-gagasan cemerlangnya guna kemajuan petani dan pertanian Indonesia, diharapkan para pemuda memiliki pengetahuan yang mendalam dan punya data-data empirik, tentunya akan sangat bermanfaat bagi pembuatan kebijakan di sektor pertanian.

2. Melakukan pengawasan terhadap program-program pertanian

Satu hal yang juga mendesak adalah bagaimana agar program yang telah disusun dapat di terima sesuai dengan sasaran dan target yang telah ditetapkan.Disinilah peran pemuda dapat diberikan untuk memperbaiki lemahnya sistem pengawasan tersebut.

3. Melakukan pencerdasan, pendampingan, dan upaya pemberdayaan petani

Pemuda pada dasarnya adalah bagian dari masyarakat.Keberadaan pemuda di tengah masyarakat setidaknya dapat memberikan peluang pemberdayaan bagi masyarakat yang rata- rata berpendidikan rendah. Salah satu hal yang dapat diberikan dalam konteks pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani adalah dengan turut serta membangun kelembagaan petani.

4. Memberikan advokasi-advokasi pertanian

Ketidakberdayaan petani menghadapi sistem yang tidak menguntungkan perlu mendapat pendampingan dari para pemuda. Dengan adanya sistem ijon, rentenir, pedagang dapat dijadikan wahana para pemuda untuk memberikan kontribusinya.

5. Menjadi SDM pembangunan pertanian

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang memiliki cita-cita berkiprah diluar sektor pertanian. Tentunya, hal tersebut adalah hal yang wajar dan sah-sah saja. Namun demikian, setidaknya masih diperlukan para pemuda yang memiliki komitmen untuk terjun membangun sektor pertanian.

Apabila para pemuda yang memeiliki kekuatan dan semangat yang tinggi terjun ke dunia pertanian, tentunya negara ini masih punya harapan untuk melihat naiknya kesejahteraan petani Indonesia.
itulah tadi peran serta para pemuda dalam bidang pertanian.semoga kedepannya para pemuda tidak melupakan perannya dalam membangun negeri ini khususnya dibidang pertanian.

Peran Generasi Muda Dalam Pengembangan Pembangunan Pertanian sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di indonesia, telah kita ketahui bahwa pertanian di indonesia saat ini sedang penurunan kualitas pertanian. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus bisa mengembangkan pertanian di Indonesia agar memiliki kualitas yang lebih dari sebelumnya. Selain itu, kita harus sadar bahwa pertanian itu sangatlah penting bagi kehidupan kita sekarang, esok, dan yang akan datang. Karena tanpa pertanian kebutuhan pokok kita tidak akan bisa tercukupi.

Yakinlah bahwa Negara akan tetap hidup selagi pertanian masih ada. Hal tersebut ada ditangan kita. Kita para pemuda yang akan mengembangkan pertanian.

 

 

 

Categories: Tugas

About Endah Panca

Lebih baik mencoba gagal, daripada gagal mencoba. You can do it !

PROFIL AKU

Endah Panca

Lebih baik mencoba gagal, daripada gagal mencoba. You can do it !


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Hidroponik

  (Pengertian dan Penjelasan Tanaman Hidroponik) – Hidroponik (latin; hydro = ...

Agroteknologi dan Pr

Selamaaat datang di Agroteknologi FP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Agroteknologi adalah jurusan ...

Peran Generasi Muda

PETANI SEJAHTERA ! BANGSA BERKAYRA ! Apa kabar petani muda ? Kamilah generasi ...

Penyelamatan Lingkun

Salam Pertanian. Jaya ! Jaya ! Merdeka !   Sebelum kita bicara lebih ...