islamic education

Hanya Blog UMY situs lain

WHAT IS MEGALOMANIA???

Posted by erfina dyah anggraheni 0 Comment

Tahukah teman-teman apa itu Megalomania????

Yapz,, disini ada penjelasan sedikit ni teman tentang Megalomania, selamat menyimak,,, ^_^

ð  Arti Megalomania

Dalam wikipedia, kata megalomania sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Megalo yang artinya sangat besar, hebat, atau berlebih-lebihan, dan mania artinya terobsesi secara berlebihan terhadap sesuatu. Nah!!! Kalau begitu magalomania bisa kita artikan sebagai bentuk obsesi berlebihan terhadap dirinya sendiri karena menganggap dirinya paling besar, hebat dan berkuasa. Dalam ilmu Psikologi, megalomania termasuk salah satu bentuk gangguan kepribadian manusia. Bapak Psikologi, Sigmund Freud, berpendapat akar dari megalomania adalah narsisme akut dalam diri manusia. Penderitanya memiliki seuatu kecenderungan untuk menilai diri secara berlebihan atau menghargai diri melampoi batas. Saking akutnya, rasa narsis itu terbentuk menjadi penyakit mental yang berbentuk membesar-besarkan diri sendiri. Pernah lihat orang yang super narsis? Beuh, nggak ada apa-apanya dibandingin ini. Kalau orang narsis mengaca dua puluh kali sehari maka orang megalomania bisa lebih dari itu. Kalau orang narsis bilang dia yang lebih oke, orang megalomania berpendapat bukan lebih oke lagi, tapi paling oke.

ð  Ciri-ciri megalomania

1.       Nggak mau menerima kritik

Apapun pendapatnya selalu pingin didengerin. Istilahnya kalau lagi rapat, penderita megalomania nggak akan mau mendengar pendapat orang lain. Dia menganggap pendapatnya dan perkataannya selalu benar, keputusannya paling tepat, tindakannya pasti hebat. Apalagi kalau ada orang mengkritik pendapatnya. Ampuun,, dunia sekitarnya bisa-bisa berasa runtuh, dech.

2.      Selalu pingin dihargai

Sebagai orang yang mengaku paling hebat dan nggak mau dikritik, penderita megalomania pingin orang sekitar menghargai kerja kerasnya. Meskipun apa yang dilakukannya bisa merugikan banyak orang, dia tetep pingin dianggap benar, dan pingin hal tersebut tetap dihargai.

3.      Selalu pingin jadi ketua

Dia nggak bakal rela sebuah jabatan sebagai ketua diambil orang lain. Penderita megalomania, terutama mereka yang sudah akut, punya keinginan untuk menguasai dunia. Dalam pikirannya Cuma dia yang maha sempurna dan nggak punya kesalahan. Jadi siapa yang paling cocok untuk memimpin dunia, selain dia? Akibatnya, jangankan jabatan ketua, cita-citanya adalah menjadi pemimpin untuk seluruh negara didunia.

4.      Mencari pendukung

Sebenarnya penderita megalomania memang memiliki kemampuan sebagai pemimpin, karena biasanya mereka memiliki potensi untuk mempengaruhi orang banyak. Hasilnya, seringkali dia bisa menghipnotis orang lain untuk menyetujui semua pendapatnya. Karena kemampuannya itu, megalomania’ers seneng banget kalau ada yang bersedia sebagai pengikutnya.

5.      Merasa orang lain nggak punya kemampuan

Karena percaya bahwa dia yang mampu melakukan suatu tugas, megalomania menganggap orang lain tak mampu, akibatnya dia pengen mengambil alih dan mengerjakan semua hal. Apalagi mengingat potensinya untuk jadi orang yang besar dan hebat. Kalau bisa, semua pujian harus ditujukan kepada dia.

 

Itu dia beberapa penjelasan dan ciri-ciri megalomania,

Semoga bermanfaat 😀

 

Sumber: majalah kawanku no – 54, 2009

Categories: pengetahuan umum

PROFIL AKU

erfina dyah anggraheni


Popular Posts

SISTEMATIKA BERFIKIR

Hei kawan, Ternyata Cara berfikir antara satu orang dengan orang ...

Kenali Gaya Belajarm

Mempelajari gaya belajar seseorang adalah dengan memperlihatkan cara mengenali dan ...

The words of Heart

When you feell there are something lose from your self,,, Don’t ...

THE POWER OF KEPEPET

By Mario Teguh Share ya kawan, Dari Mario Teguh Golden Ways ...

LIMA HUKUM KOMUNIKAS

(The Five Inevitable Laws of Effective Communication)   Lima Hukum Komunikasi yang ...