islamic education

Hanya Blog UMY situs lain

KERUGIAN AKIBAT KEKURANGAN WAKTU TIDUR

Posted by erfina dyah anggraheni 4 Comments

Tubuh kita butuh setidaknya tujuh sampai delapan jam sehari untuk beristirahat. Waktu tidur yang cukup dan pola tidur yang baik akan membuat kita segar dipagi hari. Penelitian di Amerika menunjukkan orang yang kekurangan waktu tidur akan mendapatkan banyak kerugian, diantaranya:

1.    Wajah jadi nggak mulus

Jam tidur yang paling baik buat kulit kita adalah pukul 22.00 – 03.00. karena pada jam-jam tersebut, syaraf-syaraf kulit muka sedang bekerja mengeluarkan bakteri. Itu sebabnya, kalau kita bangun tidur wajah kelihatan lebih hitam. Bisa kebayang dong, kalau kita baru tidur jam 01.00 pagi? Kulit jadi nggak bisa mengeluarkan bakteri dan wajah kita malah penuh sama jerawat.

2.    Gendut

Menurut sebuah penelitian dari Institute of Medicine, ketika seseorang kurang tidur, maka hormon yang membuat orang cepat lapar akan meningkat. Jadi kalau kita hanya tidur selama lima jam, bawaan pingin makan akan datang terus. Hasilnya, sudah pasti akan menambah berat badan kita. Selain itu, tubuh sulit mencerna protein, kolesterol, dan makanan lain secara sempurna karena kita kurang tidur.

3.    Ms. Grumpy

Orang yang kurang tidur akan lebih mudah marah karena sering mengalami pusing kepala. Kalau marah-marah terus, kita lebih gampang stres. Hasilnya, mood kita jelek melulu dan malas beraktivitas.

4.    Berkurangnya keseimbangan

Pada tahun 2007, jurnal of Gerontology melakukan penelitian terhadap seekor katak. Katak yang kurang tidur dalam sehari, akan jatuh sebanyak 4 – 5 kali. Soalnya, kekurangan waktu tidur akan mengurangi kadar oksigen di otak kita. Kemampuan tubuh untuk melakukan keseimbangan juga akan berkurang.

5.    Penyakit jantung

Coba amati durasi tidur orang yang terkena penyakit jantung. Pasti nggak beres dech,, durasi tidur yang kurang dapat dengan mudah menyebabkan kita terkena penyakit jantung. Kita mungkin nggak bakal ngerasain dampaknya sekarang, tapi nanti saat kita berumur 45 tahun, baru deh ngerasa jantungnya mulai nggak beres.

6.    Umur lebih pendek

Penelitian yang dilakukan oleh sleep and the archieves of general psychiatry menunjukkan sebanyak 15% orang yang kurang tidur berpeluang lebih besar untuk mati medadak meski penyebabnya bervariasi.

7.    Diabetes

Kalau kita hanya tidur sekitar empat jam per hari kita berpeluang 2,5% lebih besar untuk terkena penyakit diabetes. Jangan salah, saat ini diabetes enggak hanya menyerang orang dewasa saja, tapi anak remaja mulai banyak yang terserang.

8.    Memicu kanker

Penelitian yang dilakukan oleh American Assosiation for Cancer Research menunjukkan bahwa yang durasi tidurnya kurang dari tujuh jam per hari memiliki resiko 47,5% terserang kanker. Makin diperkuat lagi, dengan studi di maryland yang menunjukkan bahwa 5.968 perempuan disana tidak terserang kanker karena durasi tidur mereka tujuh jam perhari.

 

Nah, itu kerugian-kerugiannya teman,,,

Jadi kalau ada yang terlalu sering tidur terlalu malam, nah cobalah di setting ulang ya teman pola tidurnya, biar nggak kejadian kaya yang diatas thu,,,

Untuk aturan tidur nyenyak dan pulas, baca di postingan selanjutnya ya,,,

 

Makasih banyak teman,, 😀

 

Sumber: kawanku no. 50 – 2009

Categories: pengetahuan umum

PROFIL AKU

erfina dyah anggraheni


Popular Posts

SISTEMATIKA BERFIKIR

Hei kawan, Ternyata Cara berfikir antara satu orang dengan orang ...

Kenali Gaya Belajarm

Mempelajari gaya belajar seseorang adalah dengan memperlihatkan cara mengenali dan ...

The words of Heart

When you feell there are something lose from your self,,, Don’t ...

THE POWER OF KEPEPET

By Mario Teguh Share ya kawan, Dari Mario Teguh Golden Ways ...

LIMA HUKUM KOMUNIKAS

(The Five Inevitable Laws of Effective Communication)   Lima Hukum Komunikasi yang ...