islamic education

Hanya Blog UMY situs lain

Kenali Gaya Belajarmu

Posted by erfina dyah anggraheni 5 Comments


Mempelajari gaya belajar seseorang adalah dengan memperlihatkan cara mengenali dan mengatasi hambatan saat belajar. Setiap orang pasti mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Banyak gaya yang bisa dipilih untuk belajar secata efektif.

Menurut Bobbi de Porter dan Mike Hernackie dalam QUANTUM LEARNING (1999), gaya belajarmu adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, disekolah dan dlam situasi-situasi antar pribadi. Oleh sebab itu, apabila kamu menghendaki keberhasilan, baik dalam pekerjaan, hubungan antar pribadi maupun dlaam belajar, kamu harus mengenali gaya belajarmu sendiri.

Gaya belajar adalah kombinasi antara cara seseorang menyerap pengetahuan cara mengatur serta mengolah informasi atau pengetahuan yang didapat. Secara umum, gaya belajar manusia dibedakan kedalam tiga kelompok besar, yaitu, gaya visual, gaya auditorial, dan kinestetik. Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa jika seseorang memiliki gaya visual lalu tidak memiliki gaya yang lainnya.

Pada dasarnya, dalam diri setiap manusia terdapat riga gaya belajar tersebut. Akan tetapi, ada diantara tiga gaya tersebut yang paling menonjol pada diri seseorang. Jadi, kenali gaya belajarmu.

1.     Gaya belajar visual

Gaya belajar visual adalah belajar dengan cara melihat, mengamati, memandangi dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar itu terletak pada indera penglihatan. Bagi orang yang memiliki gaya ini, mata adalah alat yang paling peka untuk menangkap setiap gejala atau stimulus (rangsangan) belajar. Orang dengan gaya belajar vusial, senang mengikuti ilustrasi, membaca instruksi, mengamati gambar-gambar, meninjau kejadian secara langsung, dan sebagainya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pemilihan metode dan media belajar. Orang denga tipe belajar visual membutuhkan metode dan media belajar yang lebih dominan mengaktifkan indera penglihatannya (mata).

2.     Gaya belajar Auditorial

Gaya belajar Auditorial adalah belajar dengan cara mendengar. Orang dengan gaya belajar ini, lebih dominan dalam menggunakan indera pendengarannya untuk melakukan aktifitas belajar. Dengan kata lain, ia mudah belajar, mudah menangkap stimulus atau rangsangan apabila melalui indera pendengaran (telinga). Orang dengan gaya belajar Auditorial memiliki kekuatan pada kemampuannya untuk mendengar.

3.     Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar kinestetik adalah belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. Maksudnya, belajar dengan mengutamakan indera perasa dan gerakan-gerakan fisik. Hal yang menonjol dari gaya belajar ini ialah gerakan-gerakan kinestetik. Orang dengan gaya belajar ini lebih mudah menangkap pelajaran apabila ia bergerak, meraba, atau mengambil tindakan. Misalnya, ia baru memahami makna halus, apabila indera perasanya telah merasakan benda yang halus.

 

Sumber: 99 ideas for happy teens book

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Categories: pengetahuan umum

PROFIL AKU

erfina dyah anggraheni


Popular Posts

SISTEMATIKA BERFIKIR

Hei kawan, Ternyata Cara berfikir antara satu orang dengan orang ...

Kenali Gaya Belajarm

Mempelajari gaya belajar seseorang adalah dengan memperlihatkan cara mengenali dan ...

The words of Heart

When you feell there are something lose from your self,,, Don’t ...

THE POWER OF KEPEPET

By Mario Teguh Share ya kawan, Dari Mario Teguh Golden Ways ...

LIMA HUKUM KOMUNIKAS

(The Five Inevitable Laws of Effective Communication)   Lima Hukum Komunikasi yang ...