Ervika Oktasari

Just another Blog UMY site

Jenis dari tanaman hias yang memiliki bentuk seperti pohon tapi ukuran kecil dan ditanamkan dalam pot diberi nama tanaman bonsai. Tapi sesungguhnya nama itu bukan nama tipe tanaman, tetapi sebuah tehnik dalam membuat tanaman hias.

Tetapi banyak orang mengatakan begitu, hingga banyak yang berasumsi jika bonsai ialah nama tanaman. Tehnik membonsai ialah tehnik membuat tanaman hias yang dengan mengerdilkan tanaman selanjutnya ditanam dalam pot.

Asal Usul Tanaman Bonsai

Satu seni dalam pengerjaan tanaman dimulai dari Negara Cina, persisnya di periode pemerintah Dinasti Tsin tahun 265-420. Pengerjaan tanaman itu jadi lebih terkenal pada tahun 618an, saat periode pemerintah Dinasti Tang.

Selanjutnya pada tahun 1280 sampai 1368an yakni di periode pemerintah Dinasti Yuan, tehnik penanaman tanaman atau mengerdilkan tanaman juga makin sering dipakai. Sedang di Negara Jepang seni membuat tanaman hias ini mulai disukai beberapa orang di situ di tahun 1309.

Munculah nama bonsai yang aslinya dari Bahasa Jepang, maknanya yakni tanaman pot karena tanaman hias ini menyengaja ditanamkan dalam pot.

5 Ciri-ciri Tanaman Bonsai

Sebuah tanaman hias mempunyai ciri-ciri atau tanda-tanda tertentu yang dapat jadi bonsai. Berikut rangkuman bonsaikita.com terkait karakter dan ciri-ciri dari tanaman yang dapat dibonsai :

1. Memiliki Bentuk yang Indah Alami

Salah satunya persyaratan kenapa sebuah tanaman ini ialah harus mempunyai ciri-ciri atau penampilan yang cantik. Misalkan disaksikan dari sisi daun, tangkai, buah, akar sampai bunganya. Dalam tehnik itu ada keelokan alami yang kelihatan makin mencolok.

2. Termasuk Jenis Tanaman Berkeping Satu atau Monokotil

Tipe tanaman hias yang cantik harus sebagai tanaman berbiji satu atau monokotil, karena tanaman itu harus mempunyai tangkai kayu keras yang disebabkan karena kambiumnya.

Argumen yang lain kenapa harus tipe tanaman monokotil ialah jadi tanaman yang gampang menyesuaikan di ruangan tumbuh sempit. Oleh karenanya, tanaman yang alami pembonsaian akan ditanamkan dalam pot.

Tumbuhan berkeping satu misalnya pohon bambu dan kelapa mempunyai potensi untuk dibonsaikan, tapi tidak masuk di dalam tipe tanaman bonsai sejati.

3. Memiliki Daya Adaptasi yang Tinggi

Pada umumnya, tanaman hias yang itu harus ditaruh di ruang agar tanaman itu tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Ditambahkan lagi tanaman ini harus tersimpan di ruangan tumbuh yang sempit dan kadang tidak mendapatkan konsumsi air yang cukup.

Itu penyebabnya tanaman hias yang dipakai untuk pembonsaian, harus mempunyai daya atau kekuatan yang tinggi dalam menyesuaikan.

4. Berumur Panjang

Dibutuhkan saat yang tidak sesaat untuk bikin tanaman bonsai jadi sebuah tanaman hias yang cantik. Proses pembikinannya termasuk lama karena pembangunan dan perkembangan tanaman ini benar-benar sangat lamban.

Jika kamu pilih tanaman hias yang umurnya pendek, karena itu prosesnya tidak usai dengan prosesnya yang lama. Umumnya tanaman yang bakal dihias ialah beberapa jenis tanaman liar yang umurnya panjang.

Keelokan tanamannya akan semakin bertambah bersamaan dengan makin tuanya tanaman itu. Harga akan makin tinggi bila umurnya makin tua.

5. Tahan dengan Segala Perlakuan

Agar bentuk tanamannya makin elok meskipun tersimpan dalam pot, pasti tanaman ini harus siap dan kuat dengan semua jenis perlakukan. Misalnya pengikatan tanaman, pemahatan, dan lain-lain.

Jika tanaman yang dihias tidak kuat dengan semua tindakan itu, karena itu tanaman itu tidak akan menjadi tanaman bonsai.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Ervika Oktasari


Popular Posts

Masyarakat Ekonomi A

MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya sistem ...

Pertanian Masa Depan

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur ...

Sudahkah Tertawa Har

Tertawa, mungkin itu adalah hal yang biasa dan wajar kita ...

Grading Pada Tomat

GRADING ERVIKA

5 Ciri-ciri Tanaman

Jenis dari tanaman hias yang memiliki bentuk seperti pohon tapi ...