Essay Netacad

Hanya Blog UMY situs lain

Spanning Tree Protocol

Posted by 20160140036 - BaharYuyun - 20160140036 0 Comment
  1. PVST+ Configuration

 

Configuring and Verifying the Bridge ID

Nilai prioritas bridge harus disesuaikan agar lebih rendah daripada nilai prioritas bridge dari semua switch lain pada jaringan. Ada dua metode yang berbeda untuk mengkonfigurasi nilai prioritas bridge pada Cisco Catalyst Switch :

  • Metode 1

Memastikan agar switch mempunyai nilai prioritas bridge yang lebih rendah, lalu tetapkan prioritas untuk pindah ke nilai yang telah ditentukan dan terakhir, gunakan perintah spanning-tree vlan 1 root primary  untuk menetapkan primary root bridge pada S1, serta konfigurasi S2 sebagai Root Bridge cadangan (secondary) menggunakan perintah spanning-tree vlan 1 root secondary.

  • Metode 2

Dengan menggunakan perintah spanning-tree vlan vlan-id priority value. Perintah ini memberikan kontrol yang lebih terperinci atas nilai prioritas bridge. Nilai prioritas dikonfigurasi dengan increment 4.096 antara 0 dan 61.440.

 

PortFast and BPDU Guard

PortFast adalah fitur Cisco untuk mem-bypass transisi STP 802.1D ketika port switch dikonfigurasi dengan PortFast pada Invirontments PVST +. Sedangkan BPDU Guard adalah fitur yang memberikan respon yang aman pada konfigurasi yang salah ketika anda harus memasukan interface kembali ke service secara manual.

PVST+ Load Balancing

Load balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi. Load balancing digunakan pada saat sebuah server telah memiliki jumlah user yang telah melebihi maksimal kapasitasnya. Load balancing juga mendistribusikan beban kerja secara merata di dua atau lebih computer.

  1. Rapid PVST + Configuration

Spanning Mode Tree

Rapid PVST + mengendalikan konfigurasi spanning tree pada VLAN. Spanning tree instance dibuat saat sebuah interface ditugaskan ke VLAN dan dihapus saat interface terakhir dipindahkan ke VLAN lain.

 

 

  1. STP Configuration Issues

Analizyng the STP Topology

Langkah langkah untuk menganalisa Topologi STP :

  • Temukan topologi layer 2
  • Setelah topologi layer 2 ditemukan, gunakan ilmu dari STP untuk menentukan jalan yang dituju pada layer 2.
  • Gunakan perintah show spanning-tree vlan untuk menentukan switch yang mana yang merupakan root bridge.
  • Gunakan perintah show spanning-tree vlan pada semua switch untuk mencari tahu pport yang mana yang memforward atau memblok.

Expected Topology versus Actual Topology

Selalu lakukan troubleshooting untuk membandingkan keadaan sebenarnya dari jaringan terhadap keadaan jaringan yang diharapkan dan menemukan perbedaan untuk mengumpulkan petunjuk tentang masalah dan memecahkanya.

Overview of Spanning Tree Status

Gunakan perintah show spanning-tree untuk melihat (overview) status STP pada semua VLAN di switch yang bersangkutan.

Dan gunakan perintah show spanning-tree vlan vlan_id untuk melihat info STP pada VLAN tertentu.

Spanning Tree Failure Consequences

Terdapat dua kemungkinan ketika STP mengalami kegagalan. Yang pertama adalah STP mungkin akan salah dalam memblokir port yang seharusnya menuju ke tahap forwarding dan konektifitas akan terputus. Yang kedua adalah STP mungkin akan salah memindahkan port menjadi tahap forwarding. Lalu bila kegagalan spanning tree terbatas pada satu link VLAN saja yang ada di VLAN yang terpengaruh. Switch dan trunk yang tidak membawa VLAN beroperasi normal.

Repairing a Spanning Tree Problem

Satu satunya cara untuk memperbaiki masalah pada spanning tree adalah dengan menghapus link berlebihan secara manual di jaringan yang diaktifkan, baik secara fisik maupun melalui konfigurasi, sampai semua loop dihapus dari topologi. Setelah kelebihan link di hapus semua, link yang berlebihan harus dipulihkan kembali, jika tidak maka akan terjadi broadcast storm.

  1. Switch Stacking and Chassis Aggregation

Switch Stacking Concepts

Sebuah switch stack dapat berisi hingga sembilan Catalyst 3750 switch yang terhubung melalui port StackWise mereka. Salah satu switch yang mengontrol operasi stack adalah stack master dan setiap stack master serta stack lainya disebut stack member. Setiap member teridentifikasi dengan unik oleh nomer stacknya masing masing. Stack master berisi konfigurasi file dari stack yang disimpan.

Spanning Tree and Switch Stacks

Diameter adalah umlah maksimum switch yang harus di sebrangkan oleh data untuk mengkoneksikan kedua switch. Switch Stack membantu mempertahankan atau mengurangi dampak diameter pada konvergensi STP. Dalam sebuah switch stack, semua switch menggunakan ID bridge yang sama untuk contoh spanning-tree yang diberikan.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20160140036 - BaharYuyun - 20160140036


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Desain Kampus LAN Be

Jaringan perusahaan mempunyai beragam ukuran yang terdiri dari beberapa sampai ...

EtherChannel and HSR

Configuring EtherChannel Configuration Guidelines Petunjuk mengonfigurasi EtherChannel: EtherChannel Support – Semua ...

Memecahkan Masalah M

Troubleshoot VLANs and Trunks   Masalah Pengalamatan IP dengan VLAN Setiap VLAN ...

Spanning Tree Protoc

PVST+ Configuration   Configuring and Verifying the Bridge ID Nilai prioritas bridge ...