cerdas dalam belajar

Just another Blog UMY site

FUNGSI AQIDAH

Posted by esti 0 Comment

FUNGSI AQIDAH

 

  1. A.    AQIDAH SEBAGAI DASAR AKHLAK

Aqidah adalah sesuatu yang dipercayai dan diyakini kebenarannya oleh hati atau qalbu manusia, sebagaimana yang terdapat di dalam rukun iman.

Fungsi aqidah bagi siswa Madrasah Aliyah adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah swt. Yang telah di tanamkan sejak usia di bangku sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah.
  2.  Memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengamalan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau dari budaya lain, yang dapat membahayakan diri siswa dan menghambat perkembangannya menuju manusia indonesia seutuhnya.

Tujuan aqidah bagi siswa Madrasah Aliyah adalah sebagai berikut :

Memberikan kemampuan dasar kepada siswa, tentang aqidah islam untuk mengembangkan kehidupan beragama, sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Serta berakhlaq mulia, sebagai pribadi, sebagai anggota masyarakat, dan sebagai warga negara.

  1. B.     AKHLAK DAN PERILAKU SEBAGAI CERMIN AQIDAH YANG BENAR
    1. 1.      Adab terhadap Allah SWT.

Seorang muslim melihat dalam dirinya nikmat – nikmat Allah Ta’ala yang tidak dapat di kalkulasikan sejak ia masih berupa sperma diperut ibunya, hingga ia menghadap Allah Ta’ala. Oleh karena itu, ia bersyukur kepada-Nya atas nikmat – nikmatnya tersebut. Ini etikanya terhadap Allah Ta’ala, sebab tidak etis mengingkari nikmat, menentang keutamaan pemberi nikmat, memungkiri nikmat – nikmat NYA.

  1. 2.      Adab bergaul dengan ibu, bapak dan keluarga.

Yang di maksud orang yang lebih tua adalah para orang tua kita (bapak, ibu, kakek, nenek, paman, kakak dsb.).dan orang lain yang usianya lebih tua dari kita.

Agama islam mengajarkan agar kita selalu bersikap hormat dan sopan kepada semua orang yang lebih tua. Dari mereka yang sudah mengenyam lebih banyak pengalaman, kita memperoleh tambahan ilmu untuk bekal di masa depan.

  1. 3.      Adab terhadap anak – anak.

Seorang muslim mengakui bahwa anak-anak mempunyai hak-hak atas orang tuanya, dan hak-hak tersebut wajib ditunaikan. Diantara hak-hak ats orang tuanya ialah menamakannya dengan nama yang baik, menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahirannya, mengkhitankannya, mengasihinya, lembah-lembut terhadapnya, menafkahinya, mendidiknya dengan baik, serius mengajarkan ajaran-ajaran islam kepadanya dll.

  1. 4.      Adab terhadap diri sendiri.
    1. a.      Adab berpakaian dan memandang

Fungsi pakaian terutama sebagai penutup aurat, sekaligus sebagai perhiasan, memperindah jasmani seseorang.

Agama islam memerintahkan kepada setiap orang untuk berpakaian yang baik dan bagus. Baik berarti sesuai dengan fungsi pakaian itu sendiri, yaitu menutup aurat, dan bagus berarti cukup memadai serasi sebagai perhiasan tubuh yang sesuai dengan kemampuan si pemakai untuk memilikinya.untuk keperluan ibadah, misalnya untuk shalat di masjid, kita dianjurkan memakai pakaian yang baik dan suci.

Berpakaian bagi kaum wanita mukmin telah digariskan oleh Al Qur’an adalah menutup seluruh auratnya. Hal tersebut selain sebagai identitas mukminah, juga menghindari diri dari gangguan yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya pakaian muslim tidak menghalangi pemakainya untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam bermasyarakat, semuanya kembali kepada niat si pemakainya dalam melaksanakan ajaran Allah swt.

  1. b.      Adab berbicara

Alat komunikasi yang paling utama dalam pergaulan adalah berbicara. Dengan berbicara kita bisa menympaikan keinginan, kehendak hati dan kebutuhan kita atau orang lain.

Agama islam mengajarkan kepada kita, agar selalu menjga lidah dan mulut kita dalam berbicara, agar pembicaraan kita tidak berakibat merugikan diri sendiri, juga orang lain. Pembicaraan harus di atur dan di piker terlebih dahulu sehingga dapat membawa manfaat.

  1. c.       Adab makan dan minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan manusia untuk dapat bertahan hidup secara wajar dan sehat. Banyak aneka makanan yng digemari orang dengan aneka menunya, baik yang langung diambil dari alam, di olah dengan ketrampilan seorang juru masak, dan juga yang dibuat  oleh pabrik.

Dari sekian jenis makanan dan minuman itu, kita dianjurkan oleh agama untuk memilih makanan dan minuman yang baik dan halal, dan benar-benar diperlukan untuk kesehatan tubuh kita, serta tidak boleh berlebih-lebihan.

  1. 5.      Adab pergaulan sesama muslim dan sesama manusia.

Orang muslim menyakini bahwa saudara seagamanya mempunyai hak-hak dan etika yang harus ia terapkan terhadapnya, kemudian ia melaksanakannya kepada saudara seagamanya, karena ia berkeyakinan bahwa itu adalah ibadah kapada Allah swt. Dan upaya pendekatan kepada-Nya.

Diantara hak-hak dan etika-etika tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengucapkan salam apabila bertemu saudaranya.
  2. Jika bersin mengucapkan “alhamdulillah”, maka mendoakan dengan berkata “yarhamukallahu” (mudah-mudahan Allah merahmatimu), kemudian orang yang bersin berkata “yaghfirullahu li wa laka” (semoga Allah memberi ampunan kepadaku dan kepadamu, atau ia berkata “yahdikumullah wa yushlihu baa lakum” (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki hatimu).
  3. Menjenguk apabila ada saudara yang sakit.
  4. Menyaksikan jenazah saudaranya, jika meninggal dunia.
  5. Membebaskan sumpah tetangganya, jika telah bersumpah terhadap sesuatu dan ia tidak di larang melakukannya, kemudian ia mengerjakan apa yang disumpahkan tetangganya itu untuknya, agar tetangganya tidak berdosa dalam sumpahnya.
  6. Menasihatinya jika ia meminta nasihat kepadanya.
  7. Mencintai orang lain sebagaimana mencintai dirinya.
  8. Menolong dan tidak menelantarkannya kapan saja ia membutuhkan pertolongan dan dukungan.
  9. Tidak menimpakan keburukan kepadanya.
  10. C.    AQIDAH ISLAM MELAHIRKAN AKHLAK YANG BAIK

Dalam aqidah islam ditegaskan bahwa hanya Allahlah yang menciptakan, mengatur, mendidik alam semesta. Dengan demikian hanya Allahlah yang patut disembah, serta dimohon petunjuk dan pertolongan-Nya.

Penyembahan dan pengapdian seperti di atas hanya bisa dilakukan oleh orang yang berjiwa tahuid. Inilah aqidah islam yang mengajarkan tentang apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman.

Orang yang berakhlakul karimah juga akan memelihara perangai dan tata cara pergaulan sesuai dengan tuntunan agama.ucapan, perbuatan, perangai, dan tingkah laku yang baik merupakan amal shaleh, orang yang berakhlak baik akan selalu melakukan amal-amal shaleh

  1. D.    KONDISI KEIMANAN YANG BERSIFAT RELATIF

Iman adalah keyakinan di dalam hati, di ucapkan oleh lisan dan diamalkan dengan anggota badan. hati, ucapkan, dan perbuatan itu harus saling mengisi.

Rasullulah saw.  bersabda :

Hadist tersebut di atas menunjukan bahwa iman itu dapat bertambah dapat pula berkurang. Bertambahnya iman adalah dengan jalan memperbanyak dzikir, istighfar, tasbih, tahmid dan tahlil, serta melakukan ibadah baik yang langsung berhubungan dengan Allah atau yang bernilai sosial kemasyarakatan.

Iman itu dapat berkurang, jika orang selalu mengikuti nafsu jahatnya, sehingga ia cenderung melakukan kejahatan serta melanggar hukum-hukum Allah yang mengakibatkan hatinya menjadi keras.

Karena iman itu dapat bertambah dan dapat pula berkurang, maka kita harus memeliharanya agar jangan sampai berkurang.adapun salah satu cara untuk memelihara iman adalah dengan selalu ingat kepada Allah (menyebut Asma Allah).

 

Categories: Aqidah Akhlak, pendidikan

PROFIL AKU

esti


Popular Posts

My Beloved Parents

     My Beloved Parents Pernah tidak kamu membayangkan hidup tanpa di ...

Qunut Shubuh

doaA. PENDAHULUAN Dalam masalah ibadah, menetapkan suatu amalan bahwa itu adalah disyariatkan ...

PUASA

...

Khasiat Madu

khasiat Madu Madu telah ...

Thaharah

Thaharah Good morning students, how are you? First of all, let’s ...