dentist

Hanya Blog UMY situs lain

Flossing

Posted by Fadel Firdaus 0 Comment
     Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan. Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik
     Kerusakan gigi adalah kerusakan yang diawali oleh adanya plak pada mulut. Plak berasal dari sisa makanan yang mengandung gula, seperti roti, sereal, susu, minuman ringan, buah, kue, atau permen, yang kemudian diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam. Kombinasi antara bakteri, asam, sisa makanan yang ada di mulut, dan air liur, akan membentuk plak yang melekat pada gigi. Asam yang terdapat dalam plak secara perlahan mengikis lapisan-lapisan gigi, hingga membentuk lubang pada gigi. ika tidak diobati, kerusakan gigi dapat menyebabkan infeksi, nyeri dan bahkan kehilangan gigi.
     Kerusakan gigi biasanya tidak menimbulkan gejala sampai lubang cukup besar sehingga dari tampilan mengganggu, cukup dalam sampai menyebankan rasa tidak nyaman, pembengkakan gusi hingga bau mulut yang tidak nyaman.
     Kebiasakan diri menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi bisa membantu mengurangi risiko bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal.
Menyikat gigi dengan baik dan benar saja tidak cukup, masih ada sisa-sisa makanan terselip pada sela-sela gigi yang belum tentu bulu sikat mampu mencapai sudut-sudut di antara gigi tersebut. Maka dari itu diperlukan tindakan tambahan yaitu pembersihan dengan benang gigi yang dapat dengan lebih baik membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang sulit dijangkau setelah sikat gigi.
     Meski mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, penggunaan benang gigi juga diharuskan mengikuti beberapa aturan. Cara yang salah, dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi. Adapun cara yang benar dalam menggunakan benang gigi adalah:
Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan sebagian besar kedua ujung benang pada kedua jari tengah Anda. Pegang erat sisa benang gigi dengan ibu jari dan jari telunjuk.Mulailah selipkan secara perlahan-lahan benang gigi pada sela-sela gigi.Gesekkan benang gigi membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi. Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.
     Adapun menggunakan benang gigi dengan baik dan benar adalah mampu mencegah pembentukan plak pada gigi, Karena mampu membersihkan sisa makanan, plak, dan bakteri pada sela gigi, maka gigi menjadi lebih bersih, tidak terjadi bau mulut dan peradangan pada gusi. Serta dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah untuk ditemukan di apotek atau supermarket. Penggunaannya pun tanpa disertai rasa sakit berlebihan selama digunakan dengan perlahan-lahan dan mengikuti cara pakai yang dianjurkan
Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Fadel Firdaus


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Flossing

     Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat ...

Menyikat gigi dengan

Menyikat gigi adalah rutinitas yang paling penting dilakukan untuk dapat ...

Kebiasaan buruk anak

Minum Susu dari Botol Dot      Orang tua pada umumnya tidak ...

Pertumbuhan dan pera

      Pertumbuhan dan perkembangan gigi bayi biasanya bervariasi. Ada bayi ...