PEMBERDAYAAN PETANI DAN PENCERDASANNYA

Posted by Fajar Triwibowo Komentar Dinonaktifkan pada PEMBERDAYAAN PETANI DAN PENCERDASANNYA

petani cerdas

Indonesia, negara kaya akan Sumber Daya Alam yang sebagian besar penduduknya bercocok tanam baik sebagai selingan, maupun menjadi pekerjaan yang melekat erat untuk dapat bertahan hidup dan menghidupi manusia lainnya. Mereka para petani, pemberi bahan makanan kita selama ini, yang tanpa kita sadari susahnya perjuangan mereka untuk menghasilkan itu semua. Lihatlah mereka yang terpapar teriknya matahari, apa kita tidak sadar ?.

Inilah saatnya pemuda berperan dalam Perkembangan Pertanian Berkelanjutan. Saat ini banyak permasalahan yang dihadapi petani Indonesi. Entah apa yang membuat sulitnya mencapai kesejahteraan para petani, karna selalu ada saja Kendala-kendala yang bermunculan baik dari masalah yang bersangkutan langsung dengan petani, seperti permasalahan lingkungan dan lahan, hingga permasalahan yang bahkan tidak diketahui para petani, namun mereka yang menanggung akibat dari perbuatan tersebut, seperti ulah para pejabat yang korupsi dalam bidang pertanian.

Pemuda sebagai generasi penerus harus melakukan tindakan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi sekarang, agar petani dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Mengerti akan nilai ekonomis untung rugi, berwatak social, serta tetap ramah lingkungan, sehingga dapat membangun negara yang lebih harmonis. Salah satu peran yang dapat dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah melakukan pendekatan pemberdayaan petani, melakukan penyuluhan, dan pencerdasan petani.

Petani yang cerdas akan mudah diberikan penyuluhan, sehingga memudahkan penerapan ilmu yang didapat ke pertanian mereka secara langsung. Petani juga akan lebih kreatif tanpa harus ketergantungan alat modern. Mengingat penggunaan alat modern secara berlebihan dapat berdampak buruk untuk pertanian. Serta pemberdayaan pertanian yang mampu membuat petani mandiri dalam hal usaha dan pelestarian lingkungan.

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang berkiprah diluar pertanian. Tentunya hal ini sah-sah saja, mengingat poin-poin diluar pertanian, yang sebenarnya juga dapat berperan untuk pertanian, bagi yang berpikir dan menyadari pentingnya pertanian. Dalam konteks ini pemuda dituntut untuk menjadi pioner-pioner pembangunan pertanian berkelanjutan, yang mana keberhasilan akan ditunggu untuk generasi mendatang dan sekaligus sistem ini akan dipraktekkan dalam jangka panjang dan menyeluruh. Sebagai rasa syukur akan kekayaan alam yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, sudah seharusnya kita para pemuda berperan dalam hal pertanian berkelanjutan. Pemuda bergerak bangsa pasti maju.

Sumber : www.turun-tangan.blogspot.com/2014/05/petani-muda-indonesia.html?m=1

PROFIL AKU

Fajar Triwibowo


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pertanianmu adalah S

Al-Qur'an Surah Al-Baqarah : 261 Artinya : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan ...

UMY ku

Ya, sebuah kampus terpadu yang terletak di jl. Lingkar selatan, ...

KEMAMPUAN NGEBLOG

Seiring berkembangnya teknologi informasi orang-orang tidak lagi susah untuk mencari ...

TEKNOLOGI PERTANIAN

Perkembangan teknologi adalah proses yang tidak akan pernah berakhir. Semakin ...