Cara Berhenti Merokok besarta Manfaatnya

19 Desember 2016

Sampai saat ini jumlah perokok sangat tinggi. Bahkan dari bangku sekolah dasar pun sudah ada seorang anak pecandu rokok. Bila dibiarkan tidak baik untuk kesehatan anak dari segi kesehatan jasmani dan rohani. Ditambah Indonesia merupakan negara jumlah perokok nomor satu di dunia mencapai 90 juta jiwa. Indonesia menduduki rangking pertama dalam jumlah perokok disusul Rusia rangking kedua, kemudia Cina, Filipina, dan Vietnam. Sebanyak dua dari tiga laki-laki di Indonesia adalah perokok.

Disini saya akan mengshare cara berhenti merokok:

  1. Fokuslah pada manfaatnya

Sangat banyak sekali manfaat kesehatan ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, beberapa diantaranya sudah saya sebutkan diatas. Tak hanya bagi diri sendiri, tapi manfaat berhenti merokok diatas juga bisa dirasakan oleh keluarga.

Misalnya untuk diri sendiri, cobalah berfikir berhenti merokok itu dapat membuat wajah terlihat lebih tampan, cantik, rupawan, awet muda, dan berseri. Dengan anggapan semacam ini, sedikit demi sedikit kamu akan mulai menjauhi rokok.

  1. Tetapkan tanggal mulainya

Harus ada tanggal pasti kapan kamu memulainya. Meskipun nanti ada saja hambatan ketika ingin mencobanya, terutama stres. Biasanya stres muncul ketika hari pertama sampai ketiga, atau bisa juga seminggu.

Jadi, ketika sudah mendekati tanggal kamu harus siap mental dan emosional. Ingat, jangan kamu menundanya lagi. Semakin cepat memulainya, maka semakin panjang usiamu nanti.

  1. Mintalah dukungan

Utarakan niat baik untuk berhenti merokok ini kepada orang-orang terdekat, baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Mereka akan sangat membantu dalam mengingatkanmu untuk berhenti merokok.

Agar dukungan semakin besar, kamu bisa mengajak perokok aktif lainnya untuk berhenti bersama-sama. Dengan demikian, kalian bisa saling mendukung hingga benar-benar terbebas dari rokok.

  1. Jalani pengobatan medis

Tidak hanya teman dan keluarga saja, bantuan pun bisa kamu peroleh dari dokter. Konsultasikan keinginanmu untuk berhenti merokok kepada dokter.

Biasanya dokter akan melakukan penanganan medis seperti dengan memberikan terapi pengganti nikotin (NRT).

Efek nikotin nantinya bisa kamu peroleh dari permen karet atau tablet hisap yang semuanya mengandung nikotin.

  1. Gerakkan tubuh

Beberapa penelitian membuktikan aktivitas fisik dapat membantu mengalihkan perhatian ketika muncul hasrat ingin merokok. Kamu bisa menggerakkan tubuh dengan berlari keliling kompleks, sit up, lompat tali, sepeda santai dan sebagainya.

Selain itu kegiatan rumah tangga juga bisa kamu lakukan untuk mengalihkan perhatian, seperti menyapu, mengepel, menyirami taman, dan sebagainya. Sedangkan ketika hasrat merokok muncul di kantor, kamu bisa keluar ruangan, naik turun tangga, atau lari di tempat untuk mengalihkannya.

  1. Selalu siapkan cemilan

Tips berhenti merokok selanjutnya adalah dengan selalu menyiapkan cemilan. Kamu bisa memilih jenis cemilan sesuai selera masing-masing. Kalau saya pribadi lebih suka kunyah permen karet ketika hasrat merokok muncul. Adanya cemilan ini berguna mengalihkan perhatian agar tak merokok lagi.

  1. Bulatkan tekad dan katakan tidak pada rokok

Banyak orang yang berjanji untuk berhenti merokok, tapi tak sedikit yang melanggarnya. Ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri.

Mungkin sesekali kamu akan tergiur untuk merokok dan berkata ‘ah cuma sebatang aja ngga papa’. Sebaiklah mulai sekarang jauhkan pikiran tersebut.

Mengisap rokok meskipun sebatang akan memicu kamu terus menerus mengisap sebatang rokok lagi dan lagi.

  1. Hindari kebiasaan yang membuat kamu merokok

Hindarilah alasan utama yang membuat kamu untuk merokok, seperti minum kopi, alkohol, acara malam, berdebat, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak bisa melawan godaan tersebut cobalah untuk minum produk susu, makan buah, dan sayuran. Menurut beberapa survey makanan tersebut akan memberikan rasa kurang nyaman saat kita merokok.

  1. Kunjungi tempat tanpa asap rokok

Cobalah untuk menghabiskan waktu berjam-jam sehari dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti misalnya perpustakaan atau toko buku. Namun apabila kamu ingin ngopi bareng temen, saya sarankan memilih no-smoking area atau daerah tanpa asap rokok.

  1. Buat diri menjadi sibuk

Terutama saat awal mencoba tips berhenti merokok ini, carilah kesibukan dengan hal-hal yang kamu sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu sendiri, sehingga terbebas dari rokok.

Selain menyibukan diri, sibukan juga tanganmu. Beberapa penelitian membuktikan, keinginan merokok akan semakin tinggi ketika tangan tidak melakukan aktivitas sama sekali.

Misalnya kamu bisa menyibukkan tangan dengan menulis, memegang pena, senam, dan sebagainya. Intinya lakukan kegiatan yang kamu sukai selain merokok.

  1. Minum larutan baking soda

Ini mungkin termasuk cara berhenti merokok paling gila yang pernah dilakukan. Cara ini pertama kali dilakukan oleh Joanne Fanizza dari New York. Dia mencampurkan satu sendok baking soda dengan delapan ons air dalam gelas, kemudian meminumnya.

Rasanya sangat tidak enak, tapi ia meminumnya dua kali selama seminggu. Tak disangka ternyata cara ini berhasil untuk mengatasi kecanduannya merokok. Sejak saat itu sampai sekarang Fanizza tidak pernah merokok lagi. Berani coba?

Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, percayalah, kamu tidak akan mengalami kerugian apapun. Sebaliknya, begitu banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan setelah berhenti mengisap tembakau gulung mematikan ini. Adapun manfaat berhenti merokok antara lain

  • Terlihat lebih muda

Merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit, sehingga membuat kulit kamu terlihat lebih tua. Akan tetapi ketika berhenti merokok kulit kamu akan mendapatkan lebih banyak asupan oksigen, sehingga dapat mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.

  •   Terhindar dari stres

Mungkin kamu berfikir merokok dapat mengatasi stres karena ia mengandung nikotin. Namun jangan salah, sebenarnya itu hanya gejala putus obat dari nikotin dan merokok bisa menenangkan jiwa.

Perlu diketahui nikotin bukanlah obat pereda stres, sifatnya hanya sementara saja. Justru menurut penelitian tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun dari pada saat mereka masih merokok.

  • Meningkatkan kesuburan

Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah kamu berhenti merokok. Ini berarti, kesempatan untuk memiliki buah hati jauh lebih besar dari pada saat kamu masih merokok.

  • Performa hubungan intim jauh lebih baik

Berhenti merokok dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Apabila sirkulasi darah lancar maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap sensitivitas kamu dalam berhubungan. Baik pria ataupun wanita akan mendapatkan dampak yang sama.

  • Senyuman terlihat menawan

Ketika merokok, gigi akan terlihat kuning dan penuh noda, menjijikan sekali. Namun setelah kamu berhenti merokok, gigi akan terlihat lebih putih dan bau nafas pun lebih segar dari pada sebelumnya.

  • Terhindar dari penyakit mematikan

Risiko terkena kanker paru-paru, hipertensi, serangan jantung, stroke, kanker lidah, kanker mulut, kanker rahim, semuanya akan menurun setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok. Percayalah!

  • Memiliki keluarga yang sehat

Inilah manfaat berhenti merokok yang paling penting. Bagi kamu yang ingin memiliki keluarga sehat, mulai sekarang berhentilah merokok. Kenapa? Sebab dengan berhenti merokok akan melindungi keluarga dari bahaya asap rokok.

Manfaat berhenti merokok tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, tapi juga pada bisa menghemat pengeluaran kamu. Bayangkan sehari kamu menghabiskan sebungkus rokok dengan harga Rp. 13.000, maka dalam sebulan kamu bisa menghemat Rp. 390.000.

Bagaimana sehabis membaca ulasan tentang cara berhenti rokok dan manfaatnya? Berani coba? Semua kembali kepada niat diri sendiri untuk berhenti merokok. Sebelum memulai, baca artikel diatas berulang kali agar terbentuk niat yang kuat dalam diri masing-masing. Selamat mencoba.

Sumber

http://www.cantikitu.com/2016/05/cara-berhenti-merokok-yang-berhasil.html

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas