Motivasi tinggi wujudkan semua impian

Just another Blog UMY site

 Bangkit semangat melalui gaya perasaan manusia

8 cara bangkit dari rasa sedih

SEDIH. semua orang pasti merasakannya, karena hidup ini bagaikan roda yang berputar. ketika perputaran itu kita ada di atas, maka kita harus siap bahwa suatu saat kita akan mengalami di posisi bawah.

Nah, ketika sedih jangan terpuruk dengan kesedihan terlalu lama. justru ketika sedih kita bisa ingat sama Sang Pencipta senang dan sedih. jadi ketika sedih kita harus bisa bangkit. memang, ketika sedih kita kadang tahu apa penyebabnya kita sedih, tapi kadang kita juga tidak tahu kenapa bisa sedih. yang tahu hanyalah suara hati.

Inilah 8 cara bangkit dari rasa sedih yang suatu saat kita rasakan.

  1. Berusahalah untuk beryanyi dan menari
    Nyalakan musik favorit kita, setel sekeras-kerasnya, jika perlu musik pemberi semangat atau musik dance, insyaallah kita yang tadi sedih akan terhanyut dengan lantunan musik ini.
  2. Berusahalah untuk tersenyum
    Tersenyum dapat membuat otak berputar dari keadaan galau, kacau, pusing dan stres, membuat perlawanan terhadap pikiran yang sedih dengan berusaha untuk selalu tersenyum, memaksa otak untuk befikiran senang dan melupakan berfikiran yang merugikan dan yang meyedihkan.
  3. Usahakan gunakan waktu luang dengan orang terdekat
    Gunakan waktu luang dengan hobi yang anda punya, misalkan bermain PS dengan teman-teman, atau nongkrong-nongkrong sambil cuci mata di mal, atau lihat mobil-mobil mewah yang lewat di jalan dan hayalkan kalian suatu saat akan punya mobil yang seperti ini, dan apa tahu saja bisa kejadian, Dengan melakukan berbagai kegiatan ini atau yang lainya, Insyaallah pikiran kita akan di buat senang, terbawa arus karena kegiatan bersama teman-teman.
  4. Hadiahilah diri anda sendiri
    Jika ada cukup uang, cobalah sekali-kali beli makanan yang enak yang anda sukai, jangan terlalu pelit pada diri sendiri, tontonlah film-film yang memberi motivasi atau baca buku-buku memotivasi diri, pemberi semangat.
  5. Teruslah berfikir Positif
    Anda pernah membaca buku Quantum iklas atau The secret, semua berbicara tentang pikiran positif, betapa dahsyatnya pikiran yang kita punya, jika kita selalu gunakan dengan positif, manfaatnya akan selalu datang pada kita. Sungguh hebat sekali berfikran positif, pertahankanlah pikiran positif.
  6. Bersyukurlah pada apa saja
    Kita akan melupakan kesedihan jika kita dapat mensyukuri apa yang kita alami, bersyukur menuntun kita untuk senantiasa menyingkirkan sisi negatif, kesedihan adalah salah satu sisi negatif dan pasti dapat di singkirkan jika selalu bersyukur.
  7. Menulis
    Banyak ahli setuju bahwa menulis dapat menghilangkan stres. Cobalah menuangkan apa yang anda alami dalam bentuk buku harian, atau bahkan dalam bentuk blog, curthatkan, karyakan dan bagikan apa yang ada Insayaallah banyak jalan yang akan di dapat untuk tetap besemangat dan menikmati hidup ini.
  8. Berolahragalah
    Manfaat olahraga banyak sekali di samping untuk kesehatan bisa juga melupakan kesedihan, jika anda sedang sedih saat itu. Keringat keluar, anda fokus pada olahraga yang anda mainkan dan kesedihan dapat lupa seketika karena salah satu manfaat olahraga. (http://www.ajurna.net/2011/04/8-cara-bangkit-dari-rasa-sedih.html)

 

GAYA TERSENYUM

10 Manfaat Kita Tersenyum

Senyum, menurut seorang ahli adalah cara terbaik untuk membantu tubuh berfungsi lebih baik. Senyuman meningkatkan kesehatan, menurunkan level stress, dan membuat Anda lebih atraktif.

Tapi ingat, walaupun senyum itu kelihatannya sepele tapi juga ada syaratnya lo, yaitu kalau mau senyum harus ada temennya. jangan sampai senyum-senyum sendiri ditempat umum terus sendirian lagi.

Oke langsung saja, Berikut ini rangkuman tentang manfaat senyum :

  1. Senyum membuat Anda lebih menarik.
    Orang yg byk tersenyum memiliki daya tarik. Orang yg suka tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang. Orang yg selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yg byk tersenyum memiliki byk teman.
  2. Senyum mengubah perasaan.
    Jika Anda sedang sedih, cobalah tersenyum. Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.
  3. Senyum menular.
    Ketika seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia.
  4. Senyum menghilangkan stres.
    Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika Anda stres, ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.
  5. Senyum meningkatkan imunitas.
    Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.
  6. Senyum menurunkan tekanan darah.
    Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat Anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat Anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.
  7. Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin.
    Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.
  8. Senyum membuat awet muda.
    Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga Anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan byk tersenyum, Anda akan terlihat lebih awet muda.
  9. Senyum membuat Anda terlihat sukses.
    Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri, terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.
  10. Senyum membuat orang berpikir positif.
    Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika Anda tersenyum, tubuh mengirim sinyal “hidup adalah baik”. Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah. (http://www.ajurna.net/2011/04/10-manfaat-kita-tersenyum.html)

 

GAYA MENANGIS

7 Manfaat Menangis (Keluar Air Mata)

Menangis bukan berarti cengeng, tapi suatu expresi ketika lagi sedih atau terharu. menangis juga tidak bisa dibuat-buat, kenapa menangis pasti ada sebabnya. tapi jika menangis tanpa sebab dan terlalu sering itu baru bisa disebut cengeng.

Tapi dengan expresi menangis ada beberapa hal yang menguntungkan.Seperti dikutip dari Beliefnet, ini dia 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan mengeluarkan air mata.

  1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

  1. Membunuh bakteri

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

  1. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

  1. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

  1. Mengurangi stres

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

  1. Membangun komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

  1. Melegakan perasaan

Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.

Bagaimana, apakah masih ingin menahar tangis yang sudah lama terpendam. segera expresikan sampai puas untuk saat hari ini saja. setelah itu besok dan seterusnya jangan kamu menangis untuk hal yang sama. (http://www.ajurna.net/2011/05/7-manfaat-menangis-keluar-air-mata.html)

 

 

Categories: kultum

PROFIL AKU

fasiyah


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Renungan Motivasi

 “Membangun Motivasi Dalam Diri” Cita-cita atau tujuan hidup ini hanya ...

Dengan melalui macam

 Bangkit semangat melalui gaya perasaan manusia 8 cara bangkit dari rasa ...

Sesungguhnya Sesuda

Sungguh sejuk terdengar di telinga kita ungkapan dan pernyataan yang ...

Tanpa kekurangan jik

PELANGI DI LANGIT KEHIDUPAN Mari kita belajar dari filosofi pelangi: indah ...