pertanian 2014

Just another Blog UMY site

sayuran

Posted by 20140210026 Comments Off on sayuran

 

“Sayuran” merupakan bentuk turunan dari kata “sayur”, komponen pendamping nasi (atau pangan pokok lainnya) yang berkuah cair atau agak kental. “Sayuran” adalah segala sesuatu yang berasal dari tumbuhan (termasuk jamur) yang disayur; dengan pengungkapan lain: segala sesuatu yang dapat atau layak disayur. Apabila dimakan secara segar bagian tumbuhan itu biasanya disebut lalapan.

Istilah “sayuran” tidak bersifat ilmiah. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, terutama daun (juga beserta tangkainya), tetapi dapat pula batang yang masih muda (misalnya rebung) atau bonggol umbi. Beberapa sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak. Terdapat pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga (misalnya kecombrang dan turi), buah (misalnya terong, tomat, dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran.

Walaupun berkadar air tinggi, buah-buahan tidak dianggap sebagai sayur-sayuran karena biasanya dikonsumsi karena rasanya yang manis dan tidak cocok untuk disayur. Beberapa sayuran dapat pula menjadi bagian dari sumber pengobatan, bumbu masak, atau rempah-rempah.fitra khalim

nuggetsayurpic7

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

20140210026


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

manfaat blog untuk p

sekarang ini internet sangat merajalela, dalam kehidupan sehari-hari pasti kita ...

Beralih ke Sistem P

Paradigma pertanian baru ini menjadi solusi dari kegagalan sistem Revolusi ...

pemuda sebagai penge

  Pembangunan pertanian  adalah pemanfaatan seluruh potensi sumberdaya pertanian dengan tujuan ...

profil

nam :  Fitra khalim nim  : 20140210026 prodi : agroteknologi almt : des.pandeman ...