Fitri Travel

Blog Traveling Saya

Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan patut untuk di kunjungi. Salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan adalah Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional Meru Betiri adalah sebuah tempat konservasi pelestarian alam yang bertujuan untuk ilmu pengetahuan, penelitian, cagar budaya, pariwisata dan lain sebagainya.

taman nasional meru betiri

Asal usul penamanan Taman Nasional Meru Betiri adalah berasal dari sebuah gunung yang berada di dekat dengan taman nasional tersebut. Gunung itu bernama gunung Meru dan juga gunung Betiri. Gunung meru memiliki ketinggian sekitar 500 Mdpl. Sedangkan gunung Betiri memiliki ketinggian sekitar 1.223 Mdpl.

Lokasi dan rute Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional Meru Betiri juga melingkupi wilayah kabupaten Jember. Untuk menuju Taman Nasional Meru Betiri terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih.

Rute pertama yang bisa kamu tempuh adalah dari Jember menuju Ambulu, kemudian Curahnongko dan selanjutnya menuju Bandealit. Dari Bandealit ini menuju kesebelah barat. Maka kamu sudah sampai di pintu gerbang dari Taman Nasional Meru Betiri. Jarak tempuh yang dilalui dengan memilih rute ini adalah sekitar 64 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Rute lain yang bisa kamu pilih untuk menuju tempat wisata Taman Nasional Meru Betiri ini adalah dari Jember menuju Glenmore, kemudian Sarongan dan selanjutnya Sukamade. Di Sukamade kamu menuju ke sebelah timur untuk sampai pada pintu gerbang dari Taman Nasional Meru Betiri. Jarak tempuh yang dilalui dengan memilih rute ini adalah sekitar 103 km dengan memakan waktu perjalanan sampai 4 jam.

Rute selanjutnya adalah dari Jember menuji Genteng, kemudian Jajag, lalu Pesanggaran menuju Sarongan dan singgah di Sukamade. Jarak tempuh dengan menggunakan rute ini adalah sekitar 109 km dengan memakan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam.

<a href="“>

Dan rute terakhir yang bisa kamu pilih adalah dari Banyuwangi menuju Jajag, lalu Pesanggaran, kemudian Sarongan dan sampai di Sukamade. Jarak tempuh dengan menggunakan rute ini adalah 97 km dan memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Untuk tarif masuk di taman Nasional Meru Betiri ini terbilang cukup murah yaitu hanya 2 ribu rupiah saja. Dan bagi wisatawan mancanegara tarif yang berlaku adalah 150 ribu rupiah.

Aktivitas di Taman Nasional Meru Betiri

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional Meru Betiri. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa di lakukan di Taman Nasional Meru Betiri.

1. Berkeliling Hutan

Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkeliling hutan. Kamu bisa mengeksplor pohon-pohon yang ada di hutan tersebut dan bisa kamu abadikan dengan kamera seluler mu sebagai koleksi galeri selfie. Dengan berkeliling hutan kamu juga bisa belajar bahwa manusia harus selaras dengan alam.

2. Mengamati Tumbuhan

Di Taman Nasional Meru Betiri ini ada banyak tamanan yang bisa kamu jumpai. Tanaman tersebut tergolong ke dalam jenis yang langka. Kamu bisa mengamati dan mengetahui banyak hal yang mungkin sebelumnya kamu tidak mengetahui.

Nah itulah sekilas mengenai Taman Nasional Meru Betiri. Sekian dan terima kasih.

 

Categories: Wisata Jawa Timur

PROFIL AKU

Safitri


Popular Posts

Green Canyon Wisata

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata alam yang indah dan memukau. ...

Wisata Pantai Romant

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang tak pernah sepi ...

Wisata Untuk Jiwa Pe

Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan patut untuk ...