Flash Site

tips komputer | blog | internet | laptop | gadget| software review

Dofollow? Nofollow?

Posted by Septian Purnama 1,347 Comments

http://blog.umy.ac.id/flashsite/Halo sobat semua!!

Posting lagi nih, setelah muter gogling kesana kemari saya mendapat banyak sekali kata dofollow dan nofollow dalam dunia blogging. Hm, setelah saya telusuri dan mencari tahu lebih lanjut saya berhasil menangkap apa itu dofollow dan nofollow.

Langsung saja, dofollow dan nofollow merupakan dua aliran atau dua tipe blog. Semua blog mesti menganut salah satu dari dua aliran tersebut, entah dofollow atau nofollow. Mengapa saya bilang pasti? karena memang dari sana-nya begitu, hehe,, :)

Apa itu dofollow? Dofollow berarti “mengijinkan mengikuti”, hm.. kata-katanya aneh. Secara lebih jelasnya blog yang beraliran dofollow berarti blog tersebut mengijinkan SE (search engine) untuk menelusuri lebih lanjut semua link yang ada di blognya baik itu berupa blogroll, banner, ataupun komentar, sehingga akan memberikan backlink atau link balik bagi se pemilik link tersebut. Ya, blog beraliran dofollow memang menjadi sasaran para pencari link untuk menambah koleksi backlink mereka. Tukar link dan berkomentar diblog dofollow akan meningkatkan jumlah link balik yang mengarah ke blog kita. Blog dofollow ber-pagerank tinggi tentu akan lebih diincar untuk tukar link atau sekedar dikomentari karena akan memberikan link balik yang berkualitas bagi si pemberi komentar.

Nofollow? Yup, itu kebalikan dari dofollow, yang berarti blog beraliran nofollow tidak mengijinkan SE untuk menelusuri link-link yang ada di blog mereka. Mengapa harus nofollow? Seringkali para pemilik blog risih karena banyak yang berkomentar diblog mereka dengan asal-asalan, menyimpang dari topik karena hanya ingin mengincar backlink. Selain itu blog dofollow yang terlalu banyak mempunyai link di blognya akan bernilai jelek dimata SE karena akan dianggap sebagai peternak link. Blog dalam keadaan default beraliran nofollow, bisa dirubah jika ingin menjadi dofollow.

Hmm. itulah tulisan singkat mengenai dofollow dan nofollow dari flash site, pilih yang mana? masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Pilih yang terbaik menurut teman-teman. ^^

Categories: tips blog