Flash Site

tips komputer | blog | internet | laptop | gadget| software review

Biaya internet semakin murah, gadget kian terjangkau dan perkembangan teknologi semakin pesat di 2010. Lalu siapakah yang meraih sukses di web selama 2010?

Twitter merupakan yang berhasil melakukan gebrakan di ranah internet. layanan ini berhasil menarik perhatian 100 juta pengguna baru dan nilainya menjadi US$3,7 miliar (Rp33,6 triliun).

Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna Twitter paling banyak. Topik terpopuler yang pernah ‘mendunia’ di antaranya Keong Racun, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan Kejuaraan AFF 2010.

Untuk lingkup internasional, Twitter telah mempopulerkan nama-nama bintang Hollywood di antaranya Lady Gaga, Asthon Kutcher, Britney Spears dan Justin Bieber.

Selama enam tahun didirikan, 2010 menjadi tahun yang menentukan karena Twitter meluncurkan model komersial. Situs ini mulai mencari keuntungan lewat iklan, ataupromosi produk via tulisan di Twitter.

Kabar mengagetkan Chief Operating Officer Dick Costolo menggantikan posisi pendiri Twitter Evan Williams sebagai CEO. Karenanya, 2011 akan menjadi tahun yang dinanti pengamat adanya fenomena baru yang ditawarkan oleh Twitter.

Situs lain yang fenomenal adalah Spotify yang memang tidak terlalu ‘hip’ di Indonesia namun cukup memberi sensasi sendiri di masyarakat luas khususnya Eropa. Beberapa elemen sosial telah ditambahkan di tahun ini terutama terintegrasi dengan Facebook sehingga layanan semakin baik.

Jejaring sosial musik ini dapat menghasilkan sejumlah uang dari pelanggan sehingga cukup disukai oleh industri rekaman. Bahkan, para artis yang tergabung pun dapat memperoleh keuntungan.

Layanan Spotify bisa menjadi alternatif lebih baik bagi industri musik saat pembajakan marak di Indonesia. Namun, keberadaan Spotify tampak akan terjadi persaingan keras di 2011 karena layanan Google Music dan pendatang baru yang inovatif seperti Mflow.

Eksistensi diri nyatanya tidak cukup didukung dengan tulisan tetapi juga keberadaan. Akibatnya sistem ‘check-in’ yang ditawarkan Foursquare meluas di Indonesia. Dengan menggunakan perangkat smartphone dan fitur pendeteksi tempat, masyarakat merasakan tren baru yaitu menginformasikan posisi mereka ke khalayak luas dengan Foursquare. Fitur itu tentu saja punya pesaing seperti Facebook Places dan Gowalla.

Namun timbul kekhawatiran terkait layanan ini. Mudahnya pihak luar mengetahui keberadaan Anda menarik perhatian pelaku kejahatan dalam mendeteksi target. Pihak telemarketing juga bisa mengidentifikasi kesukaan Anda atau informasi pribadi tanpa disadari pengguna.

Meskipun begitu, ada beberapa keuntungan menggunakan Foursquare seperti potongan harga yang ditawarkan toko buku atau kafe jika pengguna ‘check-in’ beberapa kali di tempat mereka. Pada 2011 mendatang menjadi tahun yang ditunggu bagi Foursquare untuk mengembangkan diri, tidak sekadar sebagai pemindai lokasi.

Nama Google memang populer sepanjang tahun, namun 2010 memberikan nilai tersendiri bagi perusahaan yang memiliki pemimpin nyentrik, CEO Eric Schmidt itu. Google diserang, terutama komisi informasi karena pemetaan Google Street View merekam jaringan wifi yang tidak aman. Masyarakat juga mengeluhkan adanya pelanggaran privasi.

Di balik masalah yang ada, perusahaan terus melakukan dominasi di dunia internet untuk bersaing dengan Apple maupun Facebook. Berdasarkan keterangan CEO Google Eric Schmidt, pihaknya akan memanfaatkan data Facebook, bahkan tanpa basa-basi mempublikasikan akan melakukan segala cara untuk mendapatkan data Facebook.

Berdasarkan keterangan comScore, pengguna Facebook lebih banyak dibandingkan pengakses Google. Karenanya, Google menawarkan bonus besar bagi teknisi yang memiliki ide cemerlang untuk membuat raksasa Google lebih sosial.

“Kami mencoba memanfaatkan produk inti Google dan menambahkan komponen sosial. Dengan izin Anda untuk membolehkan kami tahu lebih banyak soal siapa saja teman Anda, kami akan memberikan rekomendasi atas sesuatu yang ingin Anda dapatkan. Kami akan meningkatkan kualitas mesin pencari ini,” ujar Eric Schmidt pada Konferensi Zeitgeist Google di Arizona, September lalu.

Prediksi di 2011, Google dan Facebook akan memutuskan penggabungan koneksi informasi yang mereka manfaatkan. Jika Google memanfaatkan Facebook, ada kemungkinan jejaring sosial ini juga memanfaatkan Google untuk menambah populasi pengguna Facebook.

Hal terakhir yang terbaik tentu saja adalah Facebook. Indonesia merupakan salah satu pengguna jejaring sosial Facebook terbanyak di dunia. Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini secara total berhasil menarik perhatian 500 juta pengguna.

CEO MySpace mengakui Facebook berhasil mengungguli jejaring sosial yang sudah ada sebelumnya. Bahkan, tidak lagi sebagai jejaring sosial tetapi sebagai portal sosial hiburan.

Facebook terus melakukan inovasi termasuk fitur lokasi Facebook Places yang memungkinkan pengiklan menyebarkan produk mereka di Facebook. Sementara tipe baru kotak surat telah diperbarui guna menyaingi Google dan beberapa tampilan baru yang lain.

Namun, 2010 tidak sepenuhnya penuh kebahagian bagi Facebook. Perusahaan itu sempat bermasalah dengan pengaturan privasi, di mana dituduh menyebarkan informasi pengguna serta tuntutan atas pencurian ide oleh si kembar Tyler dan Cameron Winklevos.

sumber: harian.global.com

Categories: news