Pajang Foto Pendirinya, Wikipedia Sukses Raih USD16 Juta

  news   January 6, 2011
NEW YORK - Beberapa waktu lalu, Wikipedia Foundation berhasil mengumpulkan sumabangan USD16 juta di situs ensiklopedianya. Ada berbagai alasan kesuksesan ini diraih, salah satinya adalah karena Wikipedia memajang foto pendirinya.

Buktinya hanya dalam 67 hari saja, sebelum penggalangan dana dibuka, telah ada 230.000 individu yang menyisihkan uang untuk Wikipedia, ini tepat saat foto pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, memajang foto berikut dengan pesannya.

Menurutnya, dirinya sengaja memajang foto tersebut, agar para pengunjung merasa mendapatkan semangat untuk menyisihkan uang mereka bagi situs Wikipedia.

“Wikipedia menjadi daya tarik yang menarik. ‘Dukungan dari ratusan ribu orang dari lapisan masyarakat adalah bukti semangat gerakan Wikimedia,” klatanya, seperti dilansir PC Magazine, Kamis (6/1/2011).

Hasilnya memang terbukti, setiap pengguna rata-rata memberikan USD22 yang datang dari 140 negara. Untuk total donasi online yang diterima sebesar USD13,7 juta. Sedangkan USD 16 juta diperoleh dari cek dan donasi dari berbagai Wikimedia seluruh dunia.

Sejumlah uang tersebut nantinya diperuntukan bagi pembangunan infrastruktur Wikipedia, staf, dukungan program dan hibah. Rencana itu sudah tercantum dalam agenda tahunan 2010-2011 Wikipedia.

sumber: techno.okezone.com

13 Responses to “Pajang Foto Pendirinya, Wikipedia Sukses Raih USD16 Juta”

  1. r10 says:

    aku kalau pasang foto diriku di blog, pengunjung malah pada lari mas :D

  2. Serba Ter says:

    wah ada sms gratis di sini hehehe

  3. Serba Ter says:

    Nice info bos..
    Saya termasuk salah satu dari sekian yang sering membaca wikipedia sebagai referensi dalam menggali ilmu. Semoga donasi yang telah terkumpul dapat membuat wikipedia semakin berkembang positif untuk kemajuan para pembacanya.

    Thanks untuk artikel ini

  4. NURA says:

    salam sobat
    sip banget ,USD 16 JUTA, sukses pajang foto pendirinya wikipedia.

  5. Akoey says:

    Jalan2 ke Bang Wiki sering tapi baru tau sekarang nih pendirinya. Hebat ya dia, pasti pintar.
    Thanks dah share sob, sukses slalu.. :)

  6. auraman says:

    ya, memang begitu mas.. setuju tu,.kadang biar gak terlalu hambar, memasang poto juga diperlukan,..hehe

  7. xenia says:

    kunjungan malam…

Leave a Reply