Flash Site

tips komputer | blog | internet | laptop | gadget| software review

http://blog.umy.ac.id/flashsite/

Berkat aplikasi yang ‘ditanam’ di laptop, seorang pria California, Amerika Serikat, menemukan gadget kesayangannya kembali yang digasak maling. Adalah Joshua Kaufman, si pemilik MacBook yang kecurian gadget di apartemennya di Oakland, California.

Kaufman telah melaporkan kehilangan itu ke polisi. Namun, laporan ke polisi ternyata tak banyak membantu. Karena polisi mengaku kekurangan sumber daya manusia untuk menangkap si maling. Alih-alih menyerah dan merelakan laptopnya begitu saja, Kaufman punya trik tersendiri untuk menemukan kembali laptopnya.Kaufman pernah mendownload sebuah aplikasi bernama Hidden di komputernya. Aplikasi ini berguna untuk melacak lokasi piranti dan mengambil gambar dari kamera in-builtnya tanpa disadari oleh pencuri. Ternyata aplikasi itu berjalan dengan baik.

Setelah beberapa hari pengaktivan program tersebut, Kaufman akhirnya berhasil mengumpulkan sejumlah informasi tentang si maling, termasuk foto, akun Facebook, tempat ia bekerja, alamat email, dan yang pasti alamat di mana si maling tinggal.

Tak ingin berlama-lama, Kaufman juga memposting informasi yang ia dapatkan di akun Tumblr dengan nama ‘The Guy Has My MacBook’. Kaufman mempublikasikan pula foto-foto yang ditangkap aplikasi Hiddenapp.com itu, termasuk foto saat si pencuri sedang tidur di sofa dan ketika ia sedang mengendarai mobil.

Dalam waktu singkat, para pembaca telah men-share blog tersebut di situs Twitter dan Facebook, sehingga menjadi pembicaraan hangat. Akibatnya, pihak berwenang mendengar dan menanggapi kasus itu. Merekapun menemukan keberadaan si pencuri kemudian meringkuknya.

Kaufman bukanlah korban pertama yang menemukan barangnya kembali lewat bantuan media sosial. Sebelumnya, seorang pria Kanada bernama Sean Parke pernah melakukan live-tweet mengenai pengalamannya dalam menemukan laptop miliknya melalui bantuan program mata-mata bernama Prey.

sumber : http://www.metrotvnews.com/

Categories: unik