Flash Site

tips komputer | blog | internet | laptop | gadget| software review

http://blog.umy.ac.id/flashsite/

Produksi foto apapun menjadi bagian terpenting. Hampir setiap gambar perlu diedit untuk memberikan kesan menarik. Berikut ini ada 7 perangkat lunak editing gambar yang paling sering digunakan, dan tersedia gratis seperti dikutip techtip.org.

1.GIMP (GNU Image Manipulation Program)

Perangkat lunak ini menjadi editor gambar open source dengan performa penuh yang pernah ada. Bahkan lebih kuat dari Adobe Photoshop. Hanya memakan tempat penyimpanan sebesar 20 MB, perangkat lunak ini mampu menciptakan gambar menakjubkan dan kemampuan memanipulasi.

2.Paint.NET

Fiturnya memiliki GUI (Graphical User Interface), yaitu metoda interaksi grafis antara pengguna dan komputer yang cukup rapih. Pengguna tidak perlu membaca tutorial atau buku-buku untuk menjalankannya.

3.Picnic

Layanan ini bukan perangkat lunak berbasis sistem operasi. Tetapi merupakan aplikasi berbasis web. Pengguna bisa memperbaiki foto dalam satu klik. Gunakan kontrol advanced untuk menyempurnakan hasil crop, resize dan rotate secara real-time. Ada efek khusus seperti font yang tersedia di browser. Aplikasi ini bekerja pada Mac, Windows, Linux serta tidak perlu menginstal untuk dijalankan. Selain itu pengguna bisa mengimpor gambar dari Picasa, Flickr, Facebook, Photobucket atau MySpace. Untuk mengakses fitur tambahan dikenakan biaya langganan untuk mengakses situsnya sebesar US$24,95 per tahun.

4.Photoscape

Fitur-fitur di dalamnya sebagian besar sama dengan Photoshop seperti fitur uniknya Face Search. Sementara fitur-fitur utamanya meliputi:

Viewer: Lihat foto di folder dan membuat slideshow

Editor: Mengubah ukuran, kecerahan dan penyesuaian warna, white balance, koreksi lampu latar, frame, balon, modus mosaic, menambahkan teks, cropping, filter, penghapusan mata merah.

Page: Merge beberapa foto pada halaman bingkai untuk membuat final foto.

Animated GIF: Membuat animasi akhir pada foto.

Print: Bisa print foto ukuran paspor.

Splitter: Bisa slice foto menjadi beberapa bagian.

Color Picker: Zoom in pada gambar, cari dan pilih warna.

Raw Converter: Convert RAW ke JPG.

Paper Print: Cetak berjajar yang dilengkapi grafik, musik dan kertas kalender.

Face Search: Cari wajah yang sama di internet.

5.Photoshop Express Editor

Apakah ingin membutuhkan perbaikan cepat pada foto? Gunakan Photoshop Express Editor untuk meng-crop, meluruskan, mengatur warna dan ketidaksempurnaan foto. Untuk kreativitas gunakan Soft Focus atau filter Sketch untuk distorsi efek.

sumber : http://www.mediaindonesia.com/

Categories: news, software