USB Flashdisk sebagai RAM

  tips komputer   June 15, 2011

Temen-temen pasti sudah sering mendengar istilah flashdisk dan RAM. USB flash drive atau yang biasa dikenal dengan sebutan flashdisk adalah memory penyimpanan data yang berintegrasi dengan Universal Serial Bus (USB). Flashdisk sekarang sudah menjadi benda yang sangat umum di masyarakat, hal ini disebabkan oleh faktor ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, serta kapasitasnya yang cukup besar. Bahkan saat ini ada yang mencapai 32 GB sehingga dapat untuk menyimpan banyak data. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat flashdisk mulai menggantikan disket yang dulu banyak dipakai.

Random Access Memory atau RAM adalah memory yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara. RAM juga berguna untuk menyimpan sementara (temporer) file-file program yang dijalankan pada saat kita bekerja dengan komputer. Setiap aplikasi yang kita buka akan membutuhkan RAM, atau secara mudah setiap kita membuka sebuah aplikasi maka persediaan atau kapasitas memory RAM yang ada akan berkurang. Seperti jika komputer kita pernah tiba-tiba hang atau makin terasa lambat ketika kita membuka banyak program tanpa menutup program tersebut, bisa jadi karena RAM kita sudah sedikit kapasitasnya atau karena kebutuhan memory untuk running program tidak cukup. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat pula kinerja komputer anda.

Tapi bagaimana caranya agar komputer bisa cepat kinerjanya tanpa harus menambah RAM, karena keterbatasan dana untuk membeli RAM baru atau keterbatasan slot RAM di motherboard anda? Dengan majunya teknologi sekarang, hal apapun dapat menjadi mungkin, flashdisk dan RAM akan dapat saling berintegrasi walau tidak akan pernah anda bayangkan sebelumnya jika dilihat dari fungsinya yang berbeda. Kapasitas memori RAM komputer anda dapat ditingkatkan menggunakan flashdisk. USB flashdisk digunakan untuk meningkatkan kinerja dari system. Saat digunakan flashdisk akan menyediakan cache memory, cache memory tersebut akan digunakan sebagai virtual RAM bagi komputer anda. Semakin besar kapasitas flashdisk, maka semakin besar juga memory yang didapatkan untuk menambah kinerja komputer anda.

Dalam hal ini, diperlukan program bantu emulator eBoostr. Software yang satu ini adalah solusi bagi anda yang ingin menambah kinerja kecepatan komputer anda, eBoostr bekerja sebagai emulator untuk menambah memory selain RAM yakni dengan menggunakan flashdisk. Software ini free atau gratis dan sudah ada cracknya jadi anda tidak perlu membayar. Dapat anda download melalui website http://www.4shared.com/get/gYmwM4/eBooster_Making_your_USB_Drive.html.

Setelah anda mendownload software tersebut, selanjutnya install dengan langkah sebagai berikut. Jalankan file setup eBoostr.exe (klik file eBoostr.exe). Pilih bahasa yang akan digunakan, lalu klik ‘OK’. Pada awal setup, klik ‘Next’. Pada halaman persetujuan, klik ‘I Agree’. Tentukan letak file program, lalu klik ‘Next’. Selanjutnya, klik ‘Install’. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai. Pilih Reboot now, lalu klik ‘Finish’.

Selanjutnya komputer Anda akan restart. Setelah itu buka kembali software yang telah anda download, copy file patch.exe, file eBoostrCP.exe dan file EBstrSvc.exe ke folder dimana kita install software tersebut sebelumnya. Kemudian klik file ‘patch.exe’ dan klik file ‘en.reg’. Setelah itu buka aplikasi eBoostr dengan cara klik Start > All program > eBoostr > eBoostr Control Panel. Jika sudah akan muncul kotak dialog eBoostr dan akan aktif tampil di taskbar windows. Pada kotak dialog tentukan lokasi flashdisk, lalu tentukan ukuran kapasitas cache yang akan digunakan. Selanjutnya klik ‘OK’.

Ukuran cache tidak bisa melebihi kapasitas memori yang kosong (free). Klik ‘Yes’ untuk membuat cache pada memori. Tunggu hingga proses selesai. Untuk mengubah pengaturan, klik kanan ikon eBoostr, lalu klik ‘Open Control Panel’. Melalui menu Control Panel, Anda dapat menonaktifkan program dengan cara klik kanan pada ikon flashdisk, lalu klik ‘Disable’. Klik remove jika ingin menghapus atau mengembalikan kapasitas memori RAM seperti semula.

(Widya Agung Pamungkas, pemerharti IT)

sumber : http://www.kr.co.id/

Tags: ,

17 Responses to “USB Flashdisk sebagai RAM”

  1. Bintang says:

    Artikelnya Menarik!! :!: :idea:

  2. bintangtimur says:

    Informasinya bikin saya tambah pinter deh, trima kasiiiih… :D

  3. merliza says:

    kebetulan sekali nih… flash disk saya uda gak guna semua… rusak mulu.. kira-kira knp ya?!??!

  4. Asop says:

    Ya, saya pernah lihat perihal ini di sebuah sumber lupa di mana. :twisted:

  5. Herman says:

    Thanks infonya Gan..

  6. BloggerSay's says:

    wah boleh juga nih tipsnya, saya coba ah

  7. Nice post ..
    boleh tukeran link g?
    ini link saya http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo boleh di kabarin yah.. makasih..

  8. ali says:

    thanks infonya bos,
    kebetulan ane lagi mau nambah ram ane :razz:

  9. astario says:

    gan,,
    lok hardisk bawaan komputer bs di jadin ram jgak g gan?
    brarti lok mau nmbah RAM 4 GB, cm bkurang 4 GB kan Hardisk qt,,

    oia hardisk kan tebagi2 ad partisi C ama D,,
    bebas milih qt gan lok bs pkeg hardisk?

    lok ditambah 4 GB berarti komputer w yg RAM nya 2 GB ditambah 4 jd 6 GB kan gan? gt?

    mohon bimbinganya maklum niubie hehe :) ~

  10. astario says:

    Oia Thanks yo infonya ^_^ ~

  11. deden says:

    kalau pake harddisk bisa ga mas?

  12. ade mulyana says:

    gan mau tanya kan ram puya saya ini 1gb kalo di tambah fd yang kapasitraasnya 8 gb bearti jad 9 gb yah ram saya begitu gak gan
    ?? soalnya saya belum pernah coba dan perbadaan ram fd dengan ram asli/bawaan komputer perbedaannya apa gan ?? n

    mohon bimbingannya ya gan…
    thanksss….
    :)

Leave a Reply