Revolusi Pertanian

Hanya Blog UMY situs lain

Agribisnis

Posted by Fuad Abdurrouf 0 Comment

Tidak dapat dipungkiri jika pertanian masih menjadi bidang yang banyak dijadikan sebagai mata pencaharian oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut didasari oleh tanah di wilayah Indonesia yang subur dan cocok untuk dijadikan sebagai lahan untuk bercocok tanam dan bertani.

Karena alasan ini pula, Indonesia dikenal sebagai negara agraris di mata negara tetangga, atau bahkan dunia. Sektor pertanian juga masih menjadi salah satu sumbangsih terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam kata lain, sektor pertanian di Indonesia sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai lahan bisnis, tidak hanya untuk meraup untung individu, namun juga membantu kesejahteraan rakyat Indonesia secara menyeluruh.

Berbicara soal sektor pertanian, Anda pasti pernah mendengar atau malah tidak asing lagi dengan istilah agribisnis. Secara singkat, agribisnis dapat diartikan sebagai sebuah bisnis dengan basis usaha pertanian, maupun bidang lain yang mendukungnya.

Nah, dari penjelasan singkat tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika agribisnis merupakan bidang keilmuan yang sepatutnya dipahami oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, akan sangat disayangkan jika sebagai negara agraris, masyarakat Indonesia malah belum bisa memanfaatkan dan mengembangkannya guna memaksimalkan potensi di sektor pertanian.

 

 

Pengertian Agribisnis

agribisnis

Yang dimaksud dengan agribisnis adalah sebuah bisnis dengan basis usaha pertanian maupun bidang lain. Tujuan dari agribisnis adalah untuk mendukung pertanian, mulai dari sektor hulu hingga hilir.

Artinya, pandangan pokok di bidang ini mengacu pada rantai sektor pangan atau food supply chain. Sehingga, agribisnis juga dapat diartikan sebagai cara pandang ekonomi dalam upaya penyediaan pangan.

Selain itu, mengacu pada cara pandang ekonomi, agribisnis diartikan sebagai usaha mempelajari strategi guna memperoleh keuntungan berdasarkan pengelolaan pada aspek budidaya dan persiapan bahan baku.

Agribisnis juga bertanggung jawab pada kegiatan pasca panen, hingga cara pengolahan hasil panen sampai masuk ke fase pemasaran. Oleh karena itu, bidang ini sering dikaitkan dengan konteks manajemen pada dunia akademik atau biasa dikenal sebagai jurusan agribisnis. Jurusan agribisnis yaitu sebuah ilmu tentang strategi menjalankan rantai produksi dengan seefektif mungkin.

Beberapa ahli juga mengungkapkan pendapatnya mengenai bidang ini. Yang pertama adalah E. Paul Roy yang menjelaskan jika agribisnis adalah sebuah proses koordinasi dari sejumlah sub-sistem dan saling memengaruhi. Sub-sistem tersebut bisa meliputi penyediaan pada input pertanian, pengolahan hasil, produksi pertanian, serta pemasaran pada hasil pertanian.

Dilansir dari Saragih (1998), W. David Downey serta Steven P. Erickson juga memaparkan bahwa agribisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditas pertanian secara luas.

 

Ruang Lingkup dari Ilmu Agribisnis

Melihat pengertian dan penjelasan dari para ahli di atas, agribisnis memiliki ruang lingkup yang luas. Beberapa di antaranya adalah:

  • Usaha dalam memproduksi benih serta bahan kimia untuk pertanian.
  • Makanan ternak.
  • Alat serta mesin pertanian.
  • Cara memproses bahan pertanian.
  • Produksi biofuel serta wisata pertanian.

Status Negara Agraris Membuat Indonesia Tidak Bisa Lepas dari Pengaruh Agribisnis

Sebagai negara agraris, Indonesia tentu tidak bisa mengabaikan pengaruh dari agribisnis pada sektor pertanian. Bahkan, jika masih dianggap sepele dan tidak dikembangan secara maksimal, ketergantungan Indonesia untuk ekspor bahan pangan akan terus berjalan.

Jadi, agribisnis menjadi kunci penting agar Indonesia dapat mewujudkan swasembada pangan dan memajukan sektor pertanian.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Fuad Abdurrouf


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kuliah

Apa sih perbedaan kuliah sama waktu sekolah? Bukankah sama-sama mengikuti ...

Agribisnis

Tidak dapat dipungkiri jika pertanian masih menjadi bidang yang banyak ...

Revolusi Pertanian 4

Tahukah Anda apa itu pertanian 4.0? Bisa dibilang, ini merupakan ...

PERBEDAAN TULISAN IL

  TULISAN ILMIAH   Tulisan ini merupakan tulisan yang berbasis ilmu ...