Revolusi Pertanian

Hanya Blog UMY situs lain

 

  1. TULISAN ILMIAH

 

Tulisan ini merupakan tulisan yang berbasis ilmu pengetahuan yang dibuat oleh penulis atau peneliti dengan tujuan untuk memberikan fakta  atau hasil penelitian. Yang di maksud Karya Tulis Ilmiah adalah laporan tertulis yang berisi hasil sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan peneliti. Atau definisi karya tulis ilmiah yaitu tulisan yang membahas permasalahan berdasarkan dari penyelidikan, pengamatan, maupun pengumpulan data yang berkaitan dengan permasalahan tersebut dan di tulis menggunakan bahasa yang baku.

 

Karya tulis ilmiah merupakan suatu karya penelitian, penelitian tersebut misalnya dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dll. Data yang didapatkannya melalui kajian pustaka, mengumpulkan pengalaman penelitian, dan bisa juga dari pengetahuan orang lain yang di sajikan dengan fakta maupun dengan tulisan yang menggunakan bahasa baku.

Sistematika-Karya-Tulis-Ilmiah

 

Bagian Pembuka

Pada bagian ini umumnya berisi; sampul atau cover, halaman judul, halaman pengesahan, lembar pernyataan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

 

Bagian Isi

BAB PENDAHULUAN >> Yang berisi sub BAB seperti; latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dilakukan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah dan hipotesis.

BAB II LANDASAN TEORI >> Yang berisi sub BAB seperti; kajian teori, kerangka berfikir dan hipotesis.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN >> Yang berisi sub BAB seperti; jenis penelitian, lokasi dan tempat penelitian dan teknik pengumpulan data.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN >> Yang berisi sub Bab seperti; hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN; Yang berisi sub BAB seperti; kesimpulan dan saran.

Bagian Akhir

Biasanya pada bagian ini berisi; daftar pustaka, lampiran-lampiran dan riwayat hidup penulis. Kamu akan menemukan sistematika karya tulis ilmiah yang sedikit agak berbeda, mungkin hal tersebut disebabkan oleh ketentuan atau peraturan penulisan yang digunakan misalnya setiap kampus/sekolah bisa saja menggunakan sistematika yang agak berbeda dalam penulisan karya ilmiah.

 

 

Kesimpulan

 

Dari pembahasan tersebut maka dapat disimpulkan, karya tulis ilmiah yaitu suatu tulisan yang berisi hasil kegiatan penelitian yang membahas suatu permasalahan dan hasil pemecahan masalah tersebut. Permasalahan dan pemecahannya berdasarkan pengamatan, penyelidikan, maupun pengumpulan data dengan teknik tertentu dan di tulis dengan bahasa yang baku.

 

 

  1. TULISAN NON ILMIAH

Artikel non ilmiah adalah artikel yang menyajikan fakta pribadi yang diambil dari kehidupan sehari-hari yang bersifat subjektif, tidak didukung data fakta umum, dan biasanya menggunakan bahasa populer dan atau bahasa keseharian.

 

Biasanya, artikel non ilmiah memang ditulis dari pendapat sendiri atau hasil wawancara responden yang bersifat subjektif. Dalam hal kepenulisan, tetap mematuhi sumber acuan penulisan artikel pada umumnya, meskipun pengulasan data tidak sama dengan artikel ilmiah.

 

Perbedaan Karya Tulis Non Ilmiah dan Karya Ilmiah

 

  1. Artikel ilmiah sangat bergantung pada analisis dan hipotesis, sedangkan artikel non-ilmiah tidak terlalu bergantung pada dua elemen ini.
  2. Gaya artikel ilmiah biasanya formal / standar dan tidak rumit, sedangkan artikel non-ilmiah lebih sastra dan artistik.
  3. Sehubungan dengan penulisan, makalah ilmiah ditulis menggunakan metode penulisan ilmiah, sedangkan makalah non-ilmiah ditulis berdasarkan gaya penulisan makalah non-ilmiah.
  4. Penulisan ilmiah adalah obyektif dan faktual atau berdasarkan fakta yang ada. Sementara itu, esai non-ilmiah bersifat subyektif dan fiksi, atau didasarkan pada imajinasi penulis.
  5. Esai tidak meyakinkan atau mempengaruhi pembaca, sedangkan esai non-ilmiah meyakinkan dan juga dapat merangsang imajinasi pembaca.
  6. Artikel ilmiah ditulis untuk kepentingan pribadi, sedangkan artikel non-ilmiah ditulis untuk alasan seni dan kepuasan batin penulis.
Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Fuad Abdurrouf


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kuliah

Apa sih perbedaan kuliah sama waktu sekolah? Bukankah sama-sama mengikuti ...

Agribisnis

Tidak dapat dipungkiri jika pertanian masih menjadi bidang yang banyak ...

Revolusi Pertanian 4

Tahukah Anda apa itu pertanian 4.0? Bisa dibilang, ini merupakan ...

PERBEDAAN TULISAN IL

  TULISAN ILMIAH   Tulisan ini merupakan tulisan yang berbasis ilmu ...