SEMUA TENTANG GIGI

Hanya Blog UMY situs lain

PILIH SAKIT GIGI ATAU SAKIT HATI ?

Ungkapan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi” sering kita dengar dimasyarakat untuk menggambarkan betapa sakitnya rasa sakit yang dirasakan oleh seseorang yang sedang mengalami sakit gigi.  Sakit gigi akan menggangu produktivitas seseorang karena orang yang sakit gigi cenderung akan suka berdiam diri di rumah atau malas untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan ketika seseorang itu bergerak mereka akan merasakan sakit yang bertambah.

   Kenapa gigi bisa sakit ?

Gigi merupakan jaringan keras tubuh yang terdiri dari banyak unsur mineral. Gigi bukan merupakan jaringan yang dapat mudah rusak bahkan lebih keras daripada tulang kita. Gigi terdiri dari beberapa lapisan yang yang sejatinya lapisan-lapisan tersebut merupakan lapisan yang kuat dan tidak mudah rusak.

Lapisan pertama adalah email yang merupakan jaringan terkeras gigi. Dibawahnya ada dentin yang didalamnya ada serabut serabut saraf kecil yang akan menimbulkan rasa sakit ketika mendapat rangsangan thermal (panas dan dingin) dan akan langsung hilang rasa sakitnya ketika rangsangan tersebut dihilangkan. Lapisan email dan dentin dapat rusak ketika mendapatkan kondisi asam hasil proses metabolisme bakteri plak yang tidak dibersihkan pada waktu tindakan sikat gigi. Pada kondisi ini orang cenderung acuh yang sejatinya pada fase ini merupakan waktu yang baik untuk melakukan penambalan gigi sebelum kondisi tersebut akan menjadi lebih parah dan menyebabkan perawatan yang lebih kompleks.

Ketika kerusakan gigi tidak segera ditangani maka kerusakan tersebut akan terus berlanjut hingg menyentuh lapisan dibawah dentin yang disebut dengan jaringan pulpa. Didalam ruang  pulpa inilah terdapat saraf yang menyebabkan rasa sakit itu terjadi. Ketika kerusakan sudah mencapai daerah ini bakteri akan segera menginfeksi ruang pulpa dan akan direspon oleh tubuh dengan proses inflamsi / radang. Awal terjadinya proses ini (kondisi akut) akan terasa sakit yang hebat dan terkadang rasa sakit tersebut akan menjalar ke bagian lain semisal kepala. Kondisi ini akan berlangsung berhari-hari untuk itu saya sarankan segera berkonsultasi dengan dokter gigi anda untuk penanganan lebih lanjut.

Kemudian jika kondisi ini terus berlangsung dan dibiarkan maka infeksi akan terus berkembang dan berlanjut menujut daerah dibawah saluran akar. Dibawah saluran akar inilah nantinya bakteri akan menyebabkan pus (nanah) yang terakumulasi sehingga akan muncul bengkak.

BAGAIMANA KALAU SEDANG SAKIT GIGI ?

Kalau sedang sakit gigi saya sarankan segeralah anda pergi ke dokter gigi. Hal ini dikarenakan penanganan kasus sakit gigi berbeda dengan penanganan pada kondisi sakit lain. Dokter gigi perlu melakukan intervensi ke gigimu untuk melakukan evaluasi dan menentukan rencana perawatan. Jangan takut pergi ke dokter gigi karena profesi ini akan selalu senantiasa membantu anda.

 

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20181030042


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

SEKILAS TENTANG MENY

Seputar tentang Sikat Gigi Apa itu meyikat gigi? Menyikat gigi adalah suatu ...

PILIH SAKIT GIGI ATA

PILIH SAKIT GIGI ATAU SAKIT HATI ? Ungkapan “lebih baik sakit ...

TAHUKAH KAMU ? KENAP

Berdasarkan pengalaman saya selama menjadi dokter gigi sudah banyak bertemu ...

JANGAN SALAH ALAMAT!

Dokter gigi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah profesi tenaga ...