PERAN GENERASI MUDA DALAM PEMBANGUNAN PERTANIAN

  Uncategorized   Oktober 10, 2011
Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Pertanian

Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Pertanian

Indonesia Negara Agraris Generasi Muda Berperan Aktif

Siapa yang tidak tahu bahwa Negara Indonesia adalah Negara agraris, dari yang muda hingga yang tua sekalipun mereka tahu itu. Tetapi pada kenyataannya para petani kita masih saja kesusahan dalam menjalani kehidupannya. Negara kita masih mengimpor kebutuhan pangan dari Negara luar bahkan garam pun kita masih mengimpor dari Negara Thailand. Harga kebutuhan pokok pun melonjak tinggi padahal harga barang baku yang dibeli dari petani sangat murah, ini merupakan permainan dari para tengkulak yang seharusnya pemerintah dapat mengatasinya.

Negara kita kaya akan tetapi pemerintah kurang peduli terhadap rakyat kecil khususnya para petani di daerah. Teknologi yang kita miliki masih sangat jauh ketinggalan dari Negara luar, SDM (Sumber Daya Manusia) kita kita pun masih sangat jauh dari harapan. Kebanyakan para petani kita kurang memahami teknologi baru, mereka hanya bercocok tanam secara tradisional dan rata-rata dari mereka hanya merupakan lulusan SD, SMP, jarang sekali petani kita lulusan SMA bahkan sarjana pertanian.

Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Pertanian

Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Pertanian

Kita seharusnya sebagai generasi muda bangsa yang menjadi tulang punggung NKRI selanjutnya memberikan solusi atau lebih berperan aktif lagi di masyarakat khususnya mereka para petani yang sedang kesulitan dengan berbagai masalah yang mereka alami. Mencoba mencari tahu apa saja yang menjadi kendala/kesulitan para petani di daerah-daerah yang terpencil, menberikan penyuluhan-penyuluhan yang bermanfaat bagi para petani, dan juga mengenalkan mereka dengan teknologi bertani yang modern, supaya nanti hasil panennya lebih maksimal.

Sebagai contoh bentuk pengenalan mereka para petani dengan internet yaitu suatu jaringan yang dapat mencari berbagai macam informasi khususnya di bidang pertanian. Di internet ini selain dapat memberikan informasi juga kita dapat memasarkan hasi dari pertanian ke seluruh dunia dengan menggunalkan iklan layanan/suatu situs.

Memang awalnya sulit untuk mengenalkan suatu hal yang baru kepada petani tradisional, kebanyakan dari mereka lebih percaya dengan metode turun temurun / yang sudah ada. Tetapi jangan mudah menyerah, kita sebagai mahasiswa harus terus berjuang untuk kemajuan bangsa ini khusunya di bidang pertanian. Kita bisa ambil contoh saja Negara Jepang dan Korea selatan selain kedua Negara tersebut ahli di bidang teknologi industri dan komunikasi mereka juga tak kalah hebatnya di bidang pertanian para petani sudah menggunakan teknologi modern dan mereka hidup makmur dan sejahtera, kita harus mengambil contoh dari kedua Negara maju tersebut yang menjadi Negara adidaya di asia bahkan dunia, mudah-mudahan peran mahasiswa kedepannya dapan memajukan Negara kita tercinta ini khususnya di bidang pertanian.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE