Diskominfo Harap Desa Ikut Berperan Serta dalam Program Menuju Gresik Smart City

Menuju Gresik smart city, Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo sangat mengharapkan kepada warga desa agar dapat ikut serta berperan dalam mensukseskan program smart city atau kota pintar ini.

Agar suksesnya perencanaan dan penerapan kota pintar tersebut, pemerintah setempat sudah membuat program dan telah digagas oleh Pemkab dengan enam dimensi yang saling bekerjasama dengan lintas organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gresik, Budi Raharjo mengatakan, dia akan meluncurkan enam dimensi smart city yaitu, meliputi tata kelola birokrasi (smart governance), pemasaran daerah (smart branding), perekonomian (smart economy). Kemudian ekosistem pemukiman penduduk (smart living), lingkungan masyarakat (smart society) dan pemeliharaan lingkungan (smart environment).

“Selain enam dimensi itu yang kita terapkan. Desa harus turut serta membantu pemerintah dalam mewujudkan Gresik smart city,” katanya, Kamis (4/4/2019).
Budi memberikan contoh seperti, adanya peran atau kerja sama desa dalam mewujudkan Gresik smart city. Yaitu, dengan memaksimalkan potensi desa yang ada dan dapat di upload ke situs website desa mereka masing-masing.

Budi juga menambahkan penjelasan tentang adanya fungsi dari keberadaan website desa ini, cukup penting untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh suatu desa. Melalui website juga bisa menjadi media yang sangat membantu warga dalam menginformasikan perkembangan daerahnya masing-masing dan menunjukkan keunggulan produk yang mereka miliki.

“Di era saat ini masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi. Website desa dapat dijadikan sebagai media alternatif untuk mencari segala informasi tentang potensi desa tersebut,” ungkapnya.

Budi juga memberikan contoh tentang desa yang telah menggunakan media seperti website tersebut . Yaitu, seperti yang ada di beberapa desa di Kota Pudak yang telah memaksimalkan website untuk mempublikasi potensi desanya.

“Di Desa Sekapuk, Ujung pangkah misalnya website-nya sangat lengkap. Bahkan di situs websitenya itu sudah banyak menu dan informasi serta konten positif disana,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dia sangat berharap desa ini juga dapat ikut menyukseskan Gresik smart city.(*)

Demikian informasi dari artikel kami yang terkait berita Gresik mengenai “gresik menuju kota smart city “. Semoga bermanfaat .

Lewat ke baris perkakas