Tips Memilih Sewa Gudang Industri

Anda sedang bingung mencari atau memilih sewa gudang industri untuk perusahaan anda? Seiring dengan semakin meningkatkan kebutuhan bisnis mendorong sebagian perusahaan membutuhkan ruang yang lebih untuk menyimpan barang baik yang masih mentah ataupun sudah jadi.

Saat ini kebutuhan terhadap properti berbentuk bangunan gudang untuk penyimpanan barang terus meningkat. Hal ini tak lepas dari makin dinamisnya perkembangan bisnis, khususnya bisnis online yang terus meningkat. Bahkan trend belanja online telah menjadi gaya hidup modern dimana konsumen tak perlu repot keluar rumah untuk berbelanja barang yang dibutuhkannya.

Sebagai solusinya banyak perusahaan yang mencari tempat sewa gudang industri. Peran dan fungsi gudang makin urgen karena agar bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis barang perusahaan tersebut. Selain itu dengan adanya gudang proses distribusi produk atau barang juga akan semakin efisien dan cepat.

Dengan memilih tempat sewa gudang tersebut maka bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang belum mempunyai dana yang cukup untuk membangun atau membeli gudang sendiri.

Tips Memilih Sewa Gudang Industri

Tak bisa dipungkiri peran gudang memang sangat dibutuhkan karena bila perusahaan tersebut mempunyai tempat penyimpanan yang overload maka bisa mempersulit pengecekan barang di dalam gudang. Maka dari itu perusahaan sebaiknya tak perlu ragu memanfaatkan layanan sewa gudang.

Namun sebelum menyewa gudang tersebut sebaiknya perhatikan beberapa tips dalam memilih sewa gudang industri agar tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan berikut ini.

  1. Fungsi Gudang Dalam Dunia Usaha
    Ketika akan menyewa gudang sebaiknya tentukan terlebih dahulu fungsi utama gudang tersebut. Sebab masing-masing bisnis mempunyai kebutuhan yang berbeda ketika menggunakan gudang. Pada umumnya gudang sendiri mempunyai dua fungsi yaitu untuk tempat distribusi serta untuk tempat menyimpan barang. Jika untuk industri maka biasanya gudang tersebut dipakai menyimpan bahan mentah, jadi ataupun setengah jadi. Dengan menentukan fungsi gudang maka memudahkan anda memilih gudang serta menggunakan gudang tersebut secara tepat.
  2. Segi Kepemilikan
    Pastikan anda mencari tahu keaslian aspek segi kepemilikan dari gudang tersebut. Hal ini sangat penting anda perhatikan sebelum anda membuat kesepakatan menyewa gudang agar menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Segi kepemilikan ini bisa anda cek dengan melihat sertifikat maupun IMB gudang tersebut. Bila gudang tersebut masih dalam status jaminan pada pihak lain maka anda harus meminta izin secara tertulis dari pemegang jaminan supaya pihak tersebut tidak keberatan menyewakan banguann gudang tersebut.
  3. Peruntukan Bangunan
    Perhatikan juga peuntukan bangunan tersebut dan lingkungan sekitar gudang. Biasanya gudang tidak diizinkan berada di kawasan perumahan. Sangat penting bagi anda memperhatikan peruntungkan gudang tersebut termasuk lahan yang dijadikan gudang agar anda semakin yakin menyewa gudang tersebut atau tidak.
  4. Membuat Perjanjian
    Ketika memilih tempat sewa gudang sebaiknya buatlah perjanjian dengan kedua belah pihak baik penyewa maupun penerima sewa. Selain itu pastikan surat perjanjian tersebut mempunyai isi yang lengkap yang memuat jangka sewa, biaya tambahan jika ada dan hal-hal lain yang terkait dengan sewa gudang tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tips memilih properti berupa gudang industri yang disewakan dan semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas tentu kini anda bisa lebih mudah ketika akan menyewa gudang untuk keperluan bisnis atau kebutuhan perusahaan. Memilih sewa gudang industri yang tepat akan membuat anda memperoleh gudang terbaik dan sesuai kebutuhan perusahaan.

Lewat ke baris perkakas