Etherchannel dan HSRP

Jika antarmuka router atau router (yang berfungsi sebagai gateway default) gagal, host yang dikonfigurasi dengan gateway default diisolasi dari jaringan luar. Mekanisme diperlukan untuk menyediakan gateway default alternatif di jaringan switched dimana dua atau lebih router terhubung ke VLAN yang sama. Dalam jaringan yang diaktifkan, setiap klien hanya menerima satu gateway default. Tidak ada cara untuk menggunakan gateway sekunder, bahkan jika jalur kedua ada untuk membawa paket dari segmen lokal. Salah satu cara untuk mencegah satu titik kegagalan pada gateway default, adalah dengan mengimplementasikan virtual router. Untuk menerapkan redundansi router jenis ini, beberapa router dikonfigurasi untuk bekerja sama menghadirkan ilusi satu router ke host di LAN, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Dengan berbagi alamat IP dan alamat MAC, dua atau lebih router dapat bertindak sebagai satu router virtual. Kemampuan jaringan untuk pulih secara dinamis dari kegagalan perangkat yang bertindak sebagai gateway default dikenal sebagai redundansi hop pertama.

Ini adalah langkah-langkah yang terjadi saat router aktif gagal:

  1. Router siaga akan berhenti melihat pesan Hello dari router penerusan.
  2. Router siaga mengasumsikan peran router penerusan.
  3. Karena router forwarding baru mengasumsikan alamat IPv4 dan MAC dari router virtual, perangkat host tidak melihat adanya gangguan dalam pelayanan.

Hot Standby Router Protocol (HSRP) dirancang oleh Cisco untuk memungkinkan redundansi gateway tanpa konfigurasi tambahan pada perangkat akhir. Router yang dikonfigurasi dengan HSRP bekerja sama untuk menampilkan dirinya sebagai satu gateway default virtual (router) ke perangkat akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Salah satu router dipilih oleh HSRP untuk menjadi router aktif. Router aktif akan bertindak sebagai gateway default untuk perangkat akhir. Router lainnya akan menjadi standby router. Jika router aktif gagal, router siaga secara otomatis akan menganggap peran router aktif. Ini akan menganggap peran gateway default untuk perangkat akhir. Ini tidak memerlukan perubahan konfigurasi pada perangkat akhir.

Versi HSRP default untuk Cisco IOS 15 adalah versi 1. HSRP versi 2 memberikan beberapa penyempurnaan berikut:

HSRPv2 memperluas jumlah kelompok yang didukung. HSRP versi 1 mendukung nomor grup dari 0 sampai 255. HSRP versi 2 mendukung nomor grup dari 0 hingga 4095.

 

HSRPv1 menggunakan alamat multicast 224.0.0.2. HSRP versi 2 menggunakan alamat multicast IPv4 224.0.0.102 atau alamat multicast IPv6 FF02 :: 66 untuk mengirim paket hello.

 

HSRPv1 menggunakan rentang alamat MAC virtual 0000.0C07.AC00 sampai 0000.0C07.ACFF, di mana dua digit heksadesimal terakhir menunjukkan nomor grup HSRP. HSRPv2 menggunakan alamat MAC dari 0000.0C9F.F000 sampai 0000.0C9F.FFFF untuk IPv4 dan 0005.73A0.0000 sampai 0005.73A0.0FFF untuk alamat IPv6. Untuk IPv4 dan IPv6, tiga digit heksadesimal terakhir di alamat MAC menunjukkan nomor grup HSRP.

HSRPv2 menambahkan dukungan untuk otentikasi MD5, yang berada di luar cakupan kursus ini.

Prioritas HSRP dapat digunakan untuk menentukan router aktif. Router dengan prioritas HSRP tertinggi akan menjadi router aktif. Secara default, prioritas HSRP adalah 100. Jika prioritasnya sama, router dengan alamat IPv4 numerik tertinggi dipilih sebagai router aktif.Untuk mengkonfigurasi router agar menjadi router aktif, gunakan perintah antarmuka prioritas standby. Kisaran prioritas HSRP adalah 0 sampai 255.

Secara default, setelah router menjadi router aktif, router tetap akan aktif bahkan jika router lain datang online dengan prioritas HSRP yang lebih tinggi.Untuk memaksa proses pemilihan HSRP yang baru, preemption harus diaktifkan menggunakan perintah antarmuka preempt standby. Preemption adalah kemampuan router HSRP untuk memicu proses pemilihan ulang. Dengan preemption diaktifkan, router yang datang online dengan prioritas HSRP yang lebih tinggi akan menganggap peran router aktif.

Gunakan perintah show untuk memverifikasi konfigurasi R1 dan R2.

 

Untuk memastikan bahwa HSRP dikonfigurasi dengan benar, gunakan perintah siaga pertunjukan seperti ditunjukkan pada Gambar 2 dan 3 untuk R1 dan R2.

2 thoughts on “Etherchannel dan HSRP

    1. You can’t be involved with what’s happening on the internet without coming in contact with the “newspaper crisis” somehow. From a business perspective it’s simple really: Much fewer people buy newspapers (on paper) nowadays. Please note that this has very little to do with advertisement or business models, I’m talking about newspapers from the user perspective here.

      Internet is really a commodity nowadays. People process loads of information on the web every day, and this of course affects how they expect newspapers to behave. Every time I hold a big newspaper in my hands I’m surprised at how inferior it is compared to reading news on the web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *