Pertanian untuk Indonesia

Just another Blog UMY site

            Produk fresh cut adalah buah atau sayuran yang telah dipangkas, dikupas atau dipotong menjadi produk yang dapat digunakan sepenuhnya, yang kemudian dikemas untuk memberi konsumen nutrisi yang tinggi, kenyamanan dan rasa dengan tetap mempertahankan kesegaran (IFPA 2001).

             Pasar untuk produk fresh cut tropis telah mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar didorong oleh permintaan konsumen akan makanan segar, sehat, nyaman dan makanan yang bebas zat aditif, aman dan bergizi. Produk fresh cut yang ada di pasaran meliputi buah-buahan dan sayuran. Fresh cut buah-buahan tropis meliputi melon, blewah, semangka, mangga, manggis, rambutan, nangka, pummelo, pepaya, durian, anggur, nanas dan campuran dari berbagai buah. Fresh cut salad yang ada di pasaran termasuk sayuran berdaun dan campuran salad. Fresh cut sayuran yang digunakan untuk memasak meliputi wortel, kumbang jagung, brokoli dan kembang kol, tangkai seledri potong, kubis parut, asparagus potong, campuran tumis dan potongan kentang manis.

            Pengembangan produk fresh cut dengan upaya menumbuhkan minat konsumen di pasar internasional dengan selera baru atau rasa eksotis telah disebarluaskan dalam perdagangan internasional produk fresh cut.  Produksi fresh cut terus meningkat seiring permintaan konsumen. Secara global, beberapa negara telah mengalami peningkatan perkembangan produksi fresh cut. Negara adidaya Amerika, mendapat impor berbagai buah dan sayuran tropis  untuk memastikan bahwa permintaan sepanjang tahun untuk produk segar cukup terpenuhi. Salad dan sayuran fresh cut menunjukkan tren pertumbuhan pada tahun 2008, sedangkan penjualan dalam fresh cut buah-buahan menurun. Salad fresh cut  organik sekarang sedang diutamakan di seluruh Amerika Serikat dan menjadi makanan yang  diinginkan konsumen sebagai makanan yang sehat dan pelestarian lingkungan hidup

            Industri buah potong Eropa telah menunjukkan pertumbuhan eksponensial sejak awal 1980an. Menurut Rabobank (2009) penekanan konsumen pada kenyamanan dan hidup sehat adalah pendorong utama pertumbuhan di sektor buah-buahan dan sayuran segar, dengan ritel sebagai saluran distribusi utama.Sementara Belanda, Swiss, Italia dan Spanyol sudah memiliki pasar dan menunjukkan pertumbuhan yang kuat di sektor produksi segar, Jerman belum merangkul sektor ini. Italia saat ini muncul sebagai salah satu pasar terkemuka di Eropa, dimana penjualan buah dan sayuran segar telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang menjadi nomor dua setelah Inggris dalam hal nilai.

            Fresh cut juga menunjukan perkemangan di negara-negara Asia. Di thailand,  Fresh cut sayuran menguasai pasar lebih besar dari fresh cut dari buah buahan ( sa-nguanpuag et al .2007 ). Pasar untuk produk fresh cut di jepang dan Republic of Korea telah menunjukkan kecenderungan pertumbuhan yang cukup baik sejak akhir 1980s dan 1990s ( kim ) 2007 ..Fresh cut untuk memasak adalah bagian terbesar dari  industri produk fresh cut di negara jepang dan korea. Salad potong merupakan salah satu kategori utama yang dibutuhkan konsumen untuk tetap sehat. Buah potong terus menunjukan perkembangan  pertumbuhan yang cepat  di negara-negara tersebut.

            Pertumbuhan peluang pasar untuk produk fresh cut pada negra-negara berkembang r akan terus berlanjut, hanya jika konsumen percaya bahwa produk buah potong aman dan berkualitas tinggi dengan masa simpan yang cukup. Tantangan lain untuk pemasaran produk buah tropis potong (Fresh cut) meliputi mempertahankan kualitas produk selama masa pemasaran, sifat rapuh yang melekat pada beberapa buah,  mempertahankan rantai dingin dan logistik yang tepat, kecukupan peralatan pengolahan, penyimpanan berpendingin dan fasilitas pengolahan, tersedianya teknologi untuk mendirikan pabrik pengolahan dan melakukan penelitian untuk melestarikan kualitas produk buah tropis potong.

            Perkembangan produksi fresh cut dapat ditingkatkan dengan ekspor, namun fresh cut buah dan sayuran tropis menghadapi tantangan yang penting dalam memasuki pasar ekspor, karena gagal memenuhi tingkat residu pestisida yang diizinkan oleh negara pengimpor, tingkat kontaminasi mikroba yang diijinkan, standar keamanan pangan dan standar bahan audit, hukum makanan dari negara pengimpor, standar kualitas pembeli (standar pribadi), dan kepatuhan terhadap peraturan internasional seperti the codex alimentarius of the world health organization (who) and the food dan agriculture organization of the united nations (fao).

            Kepatuhan terhadap persyaratan peraturan ini diperlukan untuk mengembangkan industri ekspor yang layak untuk produk fresh cut buah tropis dari negara-negara berkembang. Program sertifikasi yang menjamin kualitas dan keamanan hasil produk fresh cut sangat penting untuk masuk ke pasar ekspor

            Banyak buah dan sayuran tropis kurang dikenal di negara maju, sehingga diperlukan pendekatan sistematis untuk mempromosikan buah dan sayuran tropis sebagai produk ‘baru’ yang harus terlihat menarik bagi konsumen di negara maju. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran produk buah tropis potong antara lain: memenuhi kebutuhan pelanggan akan kualitas dan rasa, memenuhi harapan pelanggan akan harga, presentasi produk dan daya tarik konsumen, kemampuan untuk menanggapi nilai pangan sosial saat ini – perdagangan organik, adil, pilihan kesehatan, dan memuaskan persyaratan pelabelan di negara penjualan.

            Sangat penting untuk menyediakan informasi sebanyak mungkin tentang pemasok bahan baku untuk mempromosikan penjualan di sektor masyarakat apabila ingin membuat perbedaan di negara-negara berkembang.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Hanifah Amini


Popular Posts

oryza sativa

oryza sativa adalah nama latin dari padi. padi merupakan makanan ...

OBSERVASI PRODUK PRO

OBSERVASI PRODUK PROSES MINIMUM SUPERINDO JOGOKARYAN Jl. Menukan No. 1-3, ...

PRODUK FRESH CUT DAN

            Produk fresh cut adalah ...

PASCA PANEN PAKCOY (

Nama : Hanifah Amini NIM    : 20150210147 A.PASCA PANEN PAKCOY ...

Peran Generasi Muda

Indonesia terkenal sebagai negara agraris yang didominasi  lahan  pertanian. Indonesia pernah ...