Pertanian untuk Indonesia

Just another Blog UMY site

OBSERVASI PRODUK PROSES MINIMUM

Posted by Hanifah Amini 0 Comment

OBSERVASI PRODUK PROSES MINIMUM

SUPERINDO JOGOKARYAN Jl. Menukan No. 1-3, Mergangsan, Brotokusuman, Yogyakarta

                                                                                   

 

TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL TANAMAN

 

Disusun Oleh:

Hanifah Amini                                   20150210147

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

YOGYAKARTA

 

2017

              Proses minimum produk hortikultura merupakan penanganan produk untuk mempertahankan kesegaran alaminya dan lebih mudah digunakan oleh konsumen. Tujuan pokok proses minimum produk hortikultura yaitu memoertahankan kesegaran produk tanpa menurunkan mutu gizi dan menjamin umur simpan produk. Penanganan produk meliputi cleaning, washing, trimming/peeling, coring, slicing, shredding, dan pengemasan. Beberapa istilah yang digunakan untuk proses minimum seperti proses ringan (lighly processed), proses sebagian (partially processed), proses segar (fresh processed), dan proses awal (preprepared).

             Berkembangnya proses minimum produk hortikultura disebabkan oleh kebutuhan masyarakat akan produk buah-buahan dan sayuran segar yang lebih mudah untuk digunakan maupun dikonsumsi. Beberapa contoh produk proses minimum yang dijumpai di pasaran adalah potongan buah yang dikemas (satu jenis maupun campuran), nanas yang sudah dikupas, kentang yang sudah dikupasdan dipotong-potong, potongan sayuran, dan produk lainnya. Produk proses minimum banyak dijumpai di pasar-pasar swalayan, rumah makan cepat saji (salad dan buah-buahan), dan jasa catering. Seperti di Yogyakarta yang telah banyak berdiri mall dan supermarket yang menyiapkan produk proses minimum. Untuk mengetahui proses dan perlakuan yang diberikan pada produk proses minimum buah dan sayur, kami melakukan observasi di salah satu supermarker yang berada di Yogyakarta.

Observasi lapangan yang kami lakukan pada hari Sabtu, 03 Juni 2017 di Superindo Jogokaryan Jl. Menukan No. 1-3, Mergangsan, Brotokusuman, Yogyakarta. Superindo Jogpkaryan menyediakan berbagai produk proses minimum buah dan sayur yang disajikan dalam bentuk produk yang telah dikupas, produk yang telah dibagi menjadi dua, dan produk yang telah dibentuk dalam potongan kecil-kecil dari tunggal maupun campuran.

Pada saat obervasi petugas sedang mengolah produk segar yaitu nanas yang dikupas kemudian dipotong menjadi potongan kecil-kecil, selanjutnya buah ditimbang dan dikemas dengan sterofoam dan diwrap. Pengolahan dilakukan ditempat penjualan buah secara langsung (Gambar 1).

                                              

Gambar 1. Pemberian proses minimum pada buah nanas

             Produk yang telah diberi proses minimum kemudian disimpan pada meja stenlees yang diatas mejanya telah diberi bongkahan es. Pemberian es pada meja bertujuan untuk menjaga produk proses minimum tetap dingin (suhu rendah) dan produk memiliki laju respirasi yang rendah sehingga tahan lebih lama (Gambar 2). Produk-produk yang telah diberi proses minimum masih dalam keadaan segar, tidak adanya kerusakan dan tidak mengalami bworning serta tidak berlendir. Pada disetiap kemasa produk terdapat tanggal kadaluwarsa.

                                     Gambar 2. Tempat penyimpanan buah yang telah diberi proses  minimum

             Penyajian produk proses minimum di Superindo dalam produk yang telah dikupas dalam bentuk utuh, produk yang tanpa dikupas dan telah dibagi menjadi dua bagian maupun empat bagian, dan produk yang dikupas dalam bentuk potongan kecil-kecil dari tunggal maupun campuran. Produk-produk ini tidak diberi perlakuan khusus untuk mencegah browning maupun menghambat pertumbuhan mikroba, produk diletakan diatas tumpukan es atau di tempat penyimpanan khusus buah dengan kondisi suhu ruangan sekitar 16 °C serta dikemas dengan menggunakan plastik wrap, berikut penyajian produk proses minimum yang ada di Superindo Jogokaryan (Tabel 1):

Tabel 1. Penyajian produk proses minimum yang ada di Superindo Jogokaryan

Nama Produk Gambar Produk Keadaan dan Umur simpan
Nanas

Nanas kupas potongan kecil

Nanas kupas utuh

Fresh cut

buah nanas dibagi menjadi nanas kupas potong kecil dan nanas kupas. Keadan buah fresh cut masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Umur simpan nanas kupas potongan kecil tidak diketahui karena tidak terdapat tanggal kadaluwarsa. Sedangkan untuk nanas kupas utuh hanya diketahui tanggal kadaluwarsanya yaitu tanggal 05 Juni 2017.

Semangka Baby Kuning (dipotong menjadi 2 bagian)  

Buah semangka dipotong ½ bagian dan di warp. Buah disimpan di suhu ruang. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tanggal dikemas 03 Juni 2017

Melon Red Sweet (dipotong menjadi 2 bagian)  

Buah melon di potong ½ bangian dan disimpan disuhu ruang. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tanggal dikemas 03 Juni 2017

Pumkin Butternut (dipotong menjadi 2 bagian)  

Buah dipotong ½ bagian dan disimpan disuhu ruang. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tanggal dikemas 04 Juni 2017

Tanggal kadaluwarsa 07 Juni 2017

Labu Kabocha Merah (dipotong menjadi 4 bagian)   Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tanggal dibuat 03 Juni 2017

Tanggal kadaluwarsa 05 Juni 2017

Jagung (kupas)  

Jagung dipotong ujung dan pangkalnya kemudian diwarp. Jagung disimpan pada suhu ruang. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tidak terdapat tanggal pengemasan dan tanggal kadaluwarsa

Nangka  

Buah nangka di ambil bijinya kemudian di warp dan disimpan diatas tumpukan es. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tanggal dibuat 3 Juni 2017

Tanggal kadaluwarsa 6 Juni 2017

 

Semangka merah dan semangka kuning  

Buah semangka dipotong, di warp dan disimpan pada tumpukan es. Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tidak terdapat tanggal pengemasan dan tanggal kadaluwarsa

Semangka merah, semangka kuning, melon   Keadan buah ini masih segar, tidak berlendir dan tidak mengalami browning maupun kerusakan lainnya.

 

Tidak terdapat tanggal pengemasan dan tanggal kadaluwarsa

 

             Buah fresh cut hasil observasi lapangan di  Superindo Jogpkaryan rata-rata masih memiliki beentuk dan tampilan yang segar. hal ini dimungkinkan karena fresh cut disimpan pada suhu rendah sehingga proses respirasi dan transpirasi buah lebih lambat. Selain itu, terdapat tanggal kadaluwarsa buah fresh cut  sehingga buah yang telah tidak layak dikonsumsi disingkirkan. Terdapat 2 jenis fresh cut buah yang disediakan yakni fresh cut buah tunggal dan fresh cut buah campuran. Fresh cut buah tunggal misalnya buah semangaka, buah nanas, buah nagka dan buah anggur sedangkan fresh cut buah campuran yaitu buah melon dan semangka.   Fresh cut sayuran pada superindo Jogpkaryan masih terbatas rata-rata sayuran hanya disealer atau divakum.

 

 

 

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Hanifah Amini


Popular Posts

oryza sativa

oryza sativa adalah nama latin dari padi. padi merupakan makanan ...

OBSERVASI PRODUK PRO

OBSERVASI PRODUK PROSES MINIMUM SUPERINDO JOGOKARYAN Jl. Menukan No. 1-3, ...

PRODUK FRESH CUT DAN

            Produk fresh cut adalah ...

PASCA PANEN PAKCOY (

Nama : Hanifah Amini NIM    : 20150210147 A.PASCA PANEN PAKCOY ...

Peran Generasi Muda

Indonesia terkenal sebagai negara agraris yang didominasi  lahan  pertanian. Indonesia pernah ...