Beras Ketan Tradisional

Assalamu’alaikum, Hay hayyyyy. Kali ini aku ingin membagikan pengalamanku saat membuat jajanan dari bahan beras ketan di rumah mbah aku. Kalau di pasar tradisional biasanya di sebut ketan, gini contohnya “mbak tumbas ketan e 2” wkwk. Ehm tapi terkadang kalau yang di jual di pasar itu tidak hanya ketan saja tetapi ada berbagai macam jajanan seperti gethuk, utri, dan puro. Rasanya enak sekali plus murah juga hehe *siapa sih yang engga suka murah. Di daerahku tepatnya Kab. Magetan, Pasar Karasan Kec Kartoharjo, disana aku sering membeli ketan  harganya hanya cukup Rp. 1000 sudah dapat 1 bungkus ketan berbungkuskan daun pisang, murah banget kannn. Gimana dengan daerah kalian murah apa engga nihh?

Nah kali ini aku bukan ngajak kalian untuk beli ya tapi untuk membuatnya sendiri. Aku memasak di bantu sama tante dan mbah hehe. Ketan adalah salah satu makanan favoritku, jadi aku ingin mencoba untuk memasak ketan homemade hehe. Kalian kepo nggak nih cara memasaknya? Harus kepo dong hehe. Nih aku kasih tau bahan-bahan yang di butuhkan dan step-step untuk membuat ketan. Lets gooo!

 

Bahan

  • Beras ketan (takarannya terserah temen-temen mau seberapa, sesuaikan dengan porsi yang di butuhkan aja yaa)
  • Air (aku berharap cintamu mengalir ke diriku seperti aliran air terjun eaaa)
  • Garam (jangan banyak-banyak nanti di kira pengen nikah HAHA)
  • Gula (duhh manis banget ya akuu, yang setuju like dan komen dong)
  • Kelapa muda (di parut yaa untuk toping)
  • Kacang kedelai (optional hanya untuk toping)

Alat

  • Panci dan kukusan (pancinya jangan gosong, nanti di ambil pak tentara buat coreng” loo)
  • Wajan (wajannya jangan lupa pakek skincare biar glowing bund)
  • Blender
  • Parutan kelapa (stop! Hati mas sakit dek kau lukai terus)
  • Piring (hati-hati kalo pakek piring keramik, jatoh bikin ribut satu RT ntar)

Cara Membuat

  • Rendam ketan di air hangat selama 1 jam ( jangan lupa harus terendam air semua yaa, kalo engga nanti ada yang iri)
  • Setelah 1 jam di rendam, tiriskan dan masukkan ke dalam kukusan (jangan lupa kasih air dulu kukusannya, bayangkan deh kalau engga di kasih air, gosong tu panci)
  • Kukus selama 1 jam yaaa
  • Setelah 1 jam di kukus, kemudian angkat dan campurkan sedikit demi sedikit larutan air garam dan gula. Campur sampai rata ya, biar rasanya nanti merata, temen” mau nanti ada yang engga ada rasanya? Engga kan? Yaudah campur sampai rata
  • Setelah di campur rata, kukus kembali selama 30 menit sampai tekstur kematangan ketan sangat pas
  • Angkat dan sajikan. Di tambah dengan parutan kelapa dan kedelai halus bisa banget, sesuai selera kalian masing” yaaa
  • Oh iya waktu itu mumpung ada nangka aku sekalian coba membuat ketan kuah nangka. Kalo kalian mau gampang kok caranya. Masukkan air santan, garam, gula, vanili, dan nangka iris kecil”. Takarannya sesuai selera kalian pokoknya hehe.
  • Mantap langsung cuss cobain

Temen-temen wajib cobain bikin deh. Video nya bisa temen-temen lihat di youtube yaaa, tapi aku upload soon yaaa. Selamat mencoba, kalo kalian recock jangan lupa kirim dikit ke aku yaa upss. Engga deh buat kalian aja hehe. Terima kasih sudah membaca, much love from meeee ♡♡♡. Wassalamu’alaikum

20 Comments on Beras Ketan Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar