Berbagai Manfaat Tanaman Bidara

23 January 2021

Tanaman Bidara (image from google)

Kalian tau ngga sih tanaman bidara? Atau pernah lihat tanaman bidara? Ternyata tanaman bidara mempunyai banyak manfaat loh. Apa aja sih manfaatnya? yuk mari kita simak!

Tanaman bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman bidara ini memiliki manfaat bagi kesehatan antara lain:

  1. Anti Mikroba

Daun bidara memiliki kandungan aktif seperti saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin yang berfungsi sebagai antibakteri

  1. Anti Kanker

Dalam daun bidara ditemukan adanya senyawa alkaloid, saponin, triterpenoid, dan steroid yang memiliki efek sitotoksik sebagai antikanker

  1. Anti Depresan

Kandungan alkaloid dan plavanoid yang terdapat dalam daun bidara mampu menghambat kerja dari mono-aminoksidase sehingga menghambat degradasi neurotransmiter syaraf pusat, seperti serotonin dan katekolamin, yang menimbulkan potensi stimulasi susunan saraf pusat pada otak sehingga menghambat terjadinya depresi.

  1. Penyakit Diabetes

Tanaman bidara ini juga mampu menyembuhkan penyakit diabetes karena memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Daun bidara ini dapat dikonsumsi menjadi teh untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Tanaman ini juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tanaman bidara ini juga dipercaya dapat mengusir makhluk halus atau ilmu sihir. Namun hal ini belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Nah, itu dia berbagai manfaat dari daun bidara, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari daun bidara ini tetapi tidak bisa saya jelaskan semuanya.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar