Jenis Mangga

  Flora/fauna   21 November 2011

Mangga Gedong Gincu

Mangga ini berasal dari Cirebon dan sekitarnya. Sebagai cirinya, kulit dan daging buah mangga gedong kuning kemerahan.  Bentuk buah bulat, kulit tipis, daging tebal berserat halus, rasa manis aromanya harum. Berat mangga gedong gincu rata-rata 200 gr, panjang 10-12cm. Enak dimakan dalam keadaan segar tanpa diolah atau sering juga digunakan sebagai bahan baku untuk industri sari buah.

Tanaman mangga gedong gincu akan tumbuh dan berkembang baik bila ditanam di daerah  dataran rendah, yaitu ketinggian 0 – 300 dpl. Curah hujan antara 750 – 2.250 mm pertahuan dengan suhu 24 – 27 derajat C. Bertanah gembur dengan darinase yang baik , pH tanah 5,5 – 6, dengan kedalam air dalam tanah 50 – 150 cm. Meski demikian tanaman ini masih dapat tumbuh didaerah dengan ketinggian 1.300 m dpl.

 

Mangga arum manis

Mangga arum manis merupakan mangga localIndonesia, akan tetapi pangsa pasar untuk mangga tidak kalah dibandingkan dengan mangga lain. Mangga ini sangat laku di dalam maupun luar negeri. Rasa mangga jenis ini manis, aroma harum. Bentuk buah lonjong dengan ujung meruncing. Pada pangkal buah berwarna merah agak ungu, bagian tengah sampai ujung berwarna hijau kebiruan. Daging tebal lunak tanpa serat warna kuning, tidak banyak mengandung air. Kulit sedikit tebal. Rasanya manis, ada sebagian kecil ujungnya sering terasa sedikit masam. Buah bisa mencapai panjang 15 cm, rata-rata berat buah 450 gr. Biji kecil, lonjong pipih.

Tags:
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE