MATA DUNIA

"dunia itu indah, suatu saat pecah & terbelah,keindahannya musnah. Allah ilah yang kita sembah menuju Jannah"

Kode, bahan pembuat plastik

Posted by suprihanto 0 Comment

Pada suatu waktu pada hari yang panas, kita merasa haus dan berhenti di sebuah took untuk membeli air minum dalam kemasan botol. Setelah habis botol akan dibuang dengan iseng memutar-mutar botol dan dibagian bawah terlihat gambar yang asing, gambar seperti segi tiga tapi putus-putus yang ditengahnya ada angka. Penasaran dengan gambar yang demikian, akhirnya terjawab dengan pencarian di internet. Bahwa segitiga menunjukkan bahwa kemasan plastik tersebut adalah hasil dari daur ulang. Sedangkan, kode angka berkaitan dengan huruf yang ada di bawahnya. Angka dan huruf ini menunjukkan jenis plastik penyusunnya.
Adapun kode yang sering terlihat di bagian bawah suatu kemasan dari bahan palstik adalah sebagai berikut:

• Angka 1- PETE
Artinya plastik tersebut tersusun dari polyethylene terephthalate. Kemasan dengan angka ini berarti mengandung 30% PET. Kebanyakan kemasan dengan bahan ini bening/ transparan. Pada umumnya dipakai untuk botol air mineral, botol jus, atau gelas plastikuntuk air maupun sari buah. Sebenarnya kemasan plastik dengan kode 1-PET hanya untuk sekali pakai. Bahan ini juga tidak balk untuk menyimpan makanan serta minuman panas karena suhu yang tinggi (panas) akan mengakibatkan lapisan polimer pada pengemas/botol bermigrasi ke makanan atau minuman, yang dapat membahayakan kesehatan

• 2-HDPE
Plastik jenis ini kuat, keras tetapi agak buram karena tersusun oleh High Sensity Polyethylene (HDPE). Bahan baku plastik ini lebih aman karena tidak bereaksi terhadap makanan atau minuman., dan lebih tahan terhadap panas. Bahan plastic jenis ini sering digunakan sebagai botol susu berwama putih susu, tupperware, galon air minum, dan karena kuatnya bisa juga sebagai bahan kursi lipat. Namun, kemasan ini juga tidak untuk dipakai terlalu lama karena senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu penggunaan

• 3-V.
Kependekan dari polyvinyl chloride (PVC). Plastik jenis ini mengandung di-2-etil-heksiladipat (DEHA) yang dapat bereaksi dengan makanan. Kandungan DEHA mudah bermigrasi pada suhu 15 derajat celcius. Karena bahan ini berbahaya dan sulit mengalami daur ulang. maka jenis ini dipakai untuk plastik pembungkus (cling wrap)

 

• 4-LDPE
Jenis plastik ini tersususun dari bahan low density polyethylene. Bahan ini diambil dari bagian dari minyak bumi. Memepunyai sifat kuat, buram tetapi masih tembus cahaya, lentur/fleksibel, dan permukaannya agak licin seperti berlemak. Baik dipakai pada suhu di bawah 60 derajat celcius, karena bila melebihi suhu 60 derajat celcius sangat resisten terhadap senyawa kimia. Keuntungan lain adalah daya proteksi terhadap air dan uap air , akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.

• 5-PP
Kemasan ini terbuat dari polypropylene. Bersifat transparan tapi tidak terlalu jernih, lebih kuat, ringan, daya tembus uap rendah, tahan terhadap lemak dan stabil terhadap suhu tinggi, sehingga plastik jenis ini aman untuk kemasan makanan dan minuman.

 

• 6-PS
Plastik kemasan ini terbuat dari polystyrene (PS) atau biasa disebut polimer aromatik. Bila bertemu dengan makanan atau minuman, bahan ini dapat mengeluarkan bahan styrene. Bahan ini berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf. Sebaiknya kita langsung membakar bila menemukannya.

• 7-other
Plastik jenis ini tersusun dari berbagai bahan, artinya bahan ini tersusun selain dari enam bahan plastik yang disebutkan di atas. Kandungannya antara lain terdiri dari :

  • SAN (styrene acrylonitrile) biasa terdapat pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan. SAN memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia, kuat, dan tingkat kekerasannya dapat ditingkatkan tapi aman.
  • ABS (acrylonitrile butadiene styrene polycarbonate ) Kandungan ini biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. ABS memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia, kuat, dan tingkat kekerasannya dapat ditingkatkan tapi aman.
  • PC. Biasanya ada pada botol susu bayi, gelas anak batita, botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula. “Kandungan PC berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.
Categories: umum

PROFIL AKU

suprihanto


Popular Posts

Sangat Tragis, Anak

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Tsansa, Kepala Musuh

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Potong Rambut Menggu

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Perpustakaan Paling

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Negara-negara yang M

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...