Teknik pengawetan tubuh hewan dan manusia

  aneh/lucu   16 Mei 2012

Plastination adalah teknik untuk menjaga tubuh atau bagian tubuh agar tetap awet dengan menggantikan komponen air dan lemak pada tubuh atau organ mahluk hidup dengan jenis plastik tertentu, sehingga menghasilkan spesimen yang bisa disentuh, tidak berbau atau busuk, dan bahkan mempertahankan sifat sebagian besar sampel asli. Plastination diciptakan oleh ahli anatomi Jerman Gunther von Hagens pada tahun 1977, dan ia kemudian mendirikan Institut Plastination di Heidelberg pada tahun 1993.

Gunther von Hagens

 

Plastination awalnya digunakan untuk mengawetkan spesimen kecil untuk penelitian medis. sampai awal tahun 90-an peralatan ini dikembangkan untuk memungkinkan plastinasi spesimen seluruh tubuh. Pameran pertama dari seluruh tubuh yang diselenggarakan di Jepang pada tahun 1995. Selama dua tahun ke depan, Von Hagens mengembangkan pameran Body Worlds, menampilkan seluruh tubuh manusia hidup yang diplastinasi dalam pose dan dibedah untuk menunjukkan berbagai struktur dan sistem anatomi manusia, yang telah menjadi kebutuhan untuk kepentingan umum juga kontroversi di lebih dari 50 kota di seluruh dunia .

Plastination merupakan proses yang rumit dengan setiap spesimen membutuhkan sampai 1.500 jam kerja sampai hasil plastinasi siap. Plastinasi Jerapah butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan; gajah buth waktu 64.000 jam. Dr von Hagens juga membuat plastinasi tubuh manusia , yang merupakan sumber dari semua kontroversi.

Berikut adalah sebagian foto dari hasil Plastination, Ingat semuanya dari mahluk yang benar-benar pernah hidup, yang ditata sedemikian rupa sehingga menampakkan keasliannya, walaupun semua organ tubuh kelihatan secara detail.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE