MATA DUNIA

"dunia itu indah, suatu saat pecah & terbelah,keindahannya musnah. Allah ilah yang kita sembah menuju Jannah"

Untuk menambah kenyamanan peristirahatan pengunjungnya, beberapa bandara internasional kini menyediakan mikro hotel. Hotel ini ukurannya super mini namun tetap nyaman.Wisatawan sering mencoba beristirahat beberapa menit saat transit atau tiba di bandara. Hal ini seringkali membuat wisatawan memutuskan untuk sejenak tidur di bangku atau sudut sebuah bandara. Tentunya wisatawan merasa tidak nyaman.Menyontoh konsep hotel kapsul di Jepang, kabin dan kotak besar ini melindungi wisatawan dari keramaian aktivitas bandara. Selama kurang lebih 30 menit atau lebih, wisatawan bisa beristirahat tanpa adanya gangguan. Bahkan beberapa di antaranya sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan kamar mandi.

Seperti yang detikTravel kutip dari situs CNN, edisi Selasa (19/6/2012), beberapa tahun terakhir konsep ini sudah diterapkan di London, Moskow, Philadelphia, dan Dubai. Beberapa mikro hotel yang sudah dikenal, yaitu Yotel, Napcabs, Sleepbox, Minute Suites, dan Snoozecube.

Berikut ulasan lengkap mikro hotel yang dimuat oleh CNN:

1. Yotel

Suasana serba ungu di Yotel

Sejak tahun 2007, Bandara Heathrow dan Gatwick di London sudah mengoperasikan Yotel. Selain itu, Bandara Schiphol, Aamsterdam menyusul pada tahun 2008 menggunakan Yotel.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Pemasaran Yotel, Jo Berington, Yotel terinspirasi dari kabin-kabin VIP pesawat, unit-unit kecil mikro hotel ini pun sudah dilengkapi dengan single atau double bed, sarana hiburan, meja, dan kamar mandi.

Saat ini sudah ada 32 kabin di Yotel Heathrow, 46 di Gatwick, dan 57 di Sciphol. Untuk biaya, Yotel ini mematok harga $39 sekitar Rp 367.000 per empat jam dan $93 atau Rp 876.000 per malam.

2. Napcabs

Kotak putih ini menjadi mikro hotel bernama Napcabs

Sebuah kotak seperti booth dengan luas 4 meter persegi ini sudah ada beroperasi di Terminal Dua, Bandar Udara Munich. Saat ini sudah ada enam unit yang disediakan dengan fasilitas tempat tidur, meja, AC internet, dan televisi.

Saat ini, Napcabs mengenakan biaya minimun pemakaian $38 sekitar Rp 358.000 bila Anda menggunakannya pada pukul 06.00 dan 10.00 atau tiga jam di luar waktu tersebut.

3. Sleepbox

Kamar dengan luas 4 meter persegi ini disebut Sleepbox

Sleepbox sudah memiliki fasilitas berupa tempat tidur susun dengan jumlah maksimal tiga, meja, lampu baca, listrik, jam, televisi, dan alarm. Sleepbox sudah digunakan oleh Terminal Aeroexpress, Bandara Sheremetyevo di Moskow. Rencananya, 60 Sleepbox pun siap beroperasi di pusat Kota Moskow.

Tidak hanya di bandara dan pusat kota, Sleepbox juga akan diletakkan di stasiun kereta, pusat perbelanjaan, pusat pameran. Berbeda dengan Yotel dan Napcabs, Sleepbox bisa dipesan 30 menit sebelum penggunaan. Untuk bisa bersantai di dalam Sleepbox, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar $15 atau sekitar Rp 142.000 per jam.

4. Minute Suites

Minute Suites menyediakan ruang istirahat pribadi bagi wisatawan yang ingin bersantai atau sejenak beristirahat saat tiba di dua bandara Amerika Serikat, yaitu Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta dan Bandara Internasional Philadephia.

Minute Suites sudah menyediakan fasilitas standar, seperti sofa bed, televisi, meja, telepon, kursi, dan koneksi wifi. Dalam satu jam pertama wisatawan akan dikenakan biaya $30 atau Rp 283.000 dan selanjutnya wisatawan akan dikenakan biaya $7,50 atau Rp 71.000 per 15 menit.

5. Snoozecube


Ini dia mikro hotel Snoozecube yang ada di Dubai

Mikro hotel yang satu ini dapat traveler temukan di Bandara Internasional Dubai. Snoozecube menawarkan ruang kedap suara, lengkap dengan tempat tidur, televisi, dan internet. Saat ini sudah ada 10 unit yang bisa wisatawan gunakan. Seluruh ruang Snoozecube sudah terhubung ke sistem informasi penerbangan. Jadi, wisatawan tidak perlu lagi khawatir tertinggal penerbangan. Dalam pemakaian Snoozecube, pelancong dikenakan biaya $16 atau sekitar Rp 151.000 per jam.

Kalau Anda merasa lelah setelah penerbangan ke negara-negara di atas, sebaiknya istirahatkan diri Anda sejenak di mikro hotel yang ada. Jangan sampai rasa lelah dan kantuk mengganggu liburan Anda

sumber

Categories: umum

PROFIL AKU

suprihanto


Popular Posts

Sangat Tragis, Anak

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Tsansa, Kepala Musuh

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Potong Rambut Menggu

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Perpustakaan Paling

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Negara-negara yang M

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...